Notice: Undefined index: HTTP_ACCEPT_LANGUAGE in /home/u5395795/public_html/wp-content/plugins/allpost-contactform/allpost-contactform-language.php on line 17
KEADILAN — Penanganan Covid-19, Presiden Jokowi Apresiasi Gubernur Banten
Keadilan

KEADILAN – Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal di Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Rabu (9/6/2021).

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Gubernur WH. “Kami ucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur Banten dan Bupati Tangerang serta Menteri Kesehatan, atas upaya terus menerus yang dilakukan, dan kita harapkan ini dapat melindungi kita semuanya dari penyebaran covid-19,” tutup Presiden.

Pelaksanaan vaksinasi covid-19 massal ini merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kesehatan dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang, TNI/Polri, Rumah Sakit Swasta dan Kementerian Kesehatan serta Astra Group, dengan target 10 ribu orang penerima untuk wilayah Tangerang Raya. Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan proses pelaksanaan vaksinasi massal di Kabupaten Tangerang yang dilakukan terhadap 10 ribu masyarakat umum baik lansia, pra lansia, tenaga pendidik dan kategori lainnya berjalan dengan manajemen yang rapi dan baik.

“Kita ingin proses vaksinasi seperti apa yang dilakukan di Kabupaten Tangerang Provinsi Banten ini dalam jumlah banyak dilakukan juga di Provinsi lain oleh Kabupaten/Kota lain, sehingga kecepatan kita mengejar 700 ribu perhari untuk bulan Juni dan 1 juta perhari untuk vaksinasi ini bisa terkejar,” kata Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang membantu terlaksananya vaksinasi massal di Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menyatakan, vaksinasi Covid-19 massal menyasar penduduk lanjut usia (lansia), tenaga pendidik dan kependidikan, serta petugas pelayanan publik yang memang mendesak untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Jadi hari ini sebanyak 10.000 ribu orang yang divaksinasi. Besok, Kamis (9/6), sebanyak 5.000 ribu orang lagi yang akan divaksinasi. Jadi selama dua hari sasarannya sebanyak 15.000 ribu warga,” yg divaksin di gerai-gerai vaksin diwilayah Kabupaten Tangerang ujarnya, Rabu (8/6/2021).

Masih menurut Ati, Pemprov Banten melibatkan TNI/Polri dan kab/kota membuka gerai-gerai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dalam rangka percepatan pencapaian cakupan vaksinasi dan akan terus dilakukan secara bertahap agar semua warga Banten akan mendapat vaksinasi Covid-19.

“Kami tentu berharap, dari 12 juta jiwa penduduk Banten akan tervaksinasi sebanyak 8 juta penduduk atau sekitar 70 persen. Namun, karena vaksinasinya bertahap, maka akan terus kita lakukan sesuai jumlah vaksin yang datang,” tuturnya.

Dikatakan, di luar Tangerang Raya, Kota serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang adalah wilayah paling banyak divaksinasi. Sementara untuk Kota Serang dan Kabupaten Serang saat ini sedang dilakukan sosialisasi kepada masyarakat umum.

Sebagai informasi, hingga 8 Juni 2021 data Dinas Kesehatan Provinsi Banten menunjukkan, untuk pemberian dosis pertama vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 507.572 orang. Dengan rincian: SDM Tenaga Kesehatan sebanyak 54.490 orang, Petugas Pelayanan Publik sebanyak 339.997 orang, Penduduk Lansia sebanyak 110.181 orang, serta Masyarakat Rentan sebanyak 2.904 orang.

Sedangkan untuk pemberian vaksinasi Covid-19 dosis kedua sudah mencapai 380.090 orang. Dengan rincian: SDM Tenaga Kesehatan sebanyak 48.377 orang, Petugas Pelayanan Publik sebanyak 248.603 orang, serta Penduduk Lansia sebanyak 83.110 orang.

Untuk vaksinasi Covid-19 Gotong Royong hingga 8 Juni 2021, pada dosis pertama telah mencapai 14.578 orang. Dengan rincian Kabupaten Tangerang sebanyak 2.394 orang, Kota Tangerang sebanyak 11.928 orang, serta Kota Tangerang Selatan sebanyak 256 orang.

Odie Krisno

Tagged: , ,