Mahfud MD: Pembangunan Papua Melalui Dialog

Mahfud MD: Pembangunan Papua Melalui DialogMahfud MD saat Dialog Virtual bersama Kementerian Luar Negeri yang dihadiri Kedutaan Besar Republik Indonesia di Asia Pasifik, Amerika dan Eropa.

KEADILAN – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan, pembangunan di Papua dilakukan melalui pendekatan kesejahteraan dan dialog.

Hal tersebut ditegaskan Mahfud MD saat Dialog Virtual bersama Kementerian Luar Negeri yang dihadiri Kedutaan Besar Republik Indonesia di Asia Pasifik, Amerika dan Eropa, serta perwakilan RI di Afrika, Kamis (15/7/2021).

“Terhadap isu Papua pemerintah melakukan pendekatan penanganan mengedepankan kesejahteraan yang komprehensif semua aspek. Dan dalam menghapi separatisme, pemerintah mengedepankan dialog, dan untuk KKB dilakukan penegakan hukum,” tegas Mahfud.

Mahfud menjelaskan, pihaknya cukup intens dialog dan bertemu dengan tokoh-tokoh Papua baik tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah serta pimpinan DPRD. Menurutnya semua mendukung Papua dibangun dengan damai.

Namun demikian, lanjut Mahfud, selain memperkuat pendekatan kesejahteraan dan kedamaian, keamanan masyarakat Papua dari ancaman terorisme juga harus dijamin negara dengan sebaik-baiknya.

Dikatakan Mahfud, posisi konstitusional Papua sebagai bagian sah dari NKRI dan sesuai dengan hukum internasional dalam Majelis Umum PBB No. 2504.

Sementara Duta Besar (Dubes) Selandia Baru Tantowi Yahya berharap memberikan penjelasan soal Papua satu pintu. “Selama ini terlalu banyak pintu yang menyampaikan kebijakan soal Papua,” tegasnya.

Dikatakan Tantowi, persoalan Papua tidak boleh dijelaskan dengan narasi menggelontorkan uang yang banyak, tapi dengan menyentuh isu utamanya yakni soal keadilan, perlakuan, dan penegakan HAM.

Odorikus Holang

Editor      :
Reporter :