Mahfud MD: Shalat Idul Adha di Rumah Masing-Masing

Mahfud MD: Shalat Idul Adha di Rumah Masing-MasingMenko Polhukam Mahfud MD.

KEADILAN – Menko Polhukam Mahfud MD mengimbau kepada umat Islam untuk melaksanakan shalat Idul Adha 1442 Hijiriah di rumah masing-masing. Peringatan Idul Adha jatuh pada Selasa (20/7/2021) besok.

Mahfud juga menghimbau dalam melaksanakan kurban harus dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal tersebut kata Mahfud mengingat kasus covid-19 yang masih mencekam.

“Mari kita rayakan sesuai situasi dan kondisi. Situasi Covid 19, kita tidak melakukan kerumunan. Sebaiknya shalat dilakukan di rumah masing-masing sebagaimana fatwa Lembaga keagamaan,” ujar Mahfud kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

Imbauan tersebut kata Mahfud merujuk pada instruksi presiden (Inpres) No. 6 tahun 2020 tentang Penegakan Disiplin dan Penegakan Hukum Penanganan Covid-19.

“Ritual menyembelih korban ada aspek spiritual dalam rangka taqorrub, mendekat kepada Allah. Karena itu kalau kondisi membatasi kita berkerumun, mari kita taqorrub, berkorban untuk mendekat kepada Allah, agar diberi bimbingan, diberi kesehatan, dan dihindari dari Covid,” jelasnya.

Pada Jumat (16/7) kata Mahfud, pihaknya telah bertemu dengan sejumlah tokoh agama secara daring. Dalam pertemuan itu, Mahfud mengajak lembaga-lembaga keagamaan dan tokoh agama berperan aktif bersama pemerintah dalam menangani pandemi. Menurutnya ulama dan tokoh agama memiliki peran penting dalam kampanye melawan pandemi.

Odorikus Holang

Editor      :
Reporter :