IKAHI Sesalkan Pemberitaan Kematian Hakim Suryaman Dikaitkan HRS

IKAHI Sesalkan Pemberitaan Kematian Hakim Suryaman Dikaitkan HRS
Meme kematian hakim Suryaman

KEADILAN – Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) menyayangkan maraknya pemberitaan tendensius dan meme tentang meninggalnya Hakim Pengadilan Jakarta Timur Suryaman, SH, MH. Terkait hal ini, pengurus pusat IKAHI bidang advokasi dan pengabdian masyarakat, DJUYAMTO, SH, MH, mendesak Komisi Yudisal (KY) untuk mengambil sikap.

“KY sebagai komisi yang salah satu tugasnya adalah menegakkan kehormatan dan wibawa serta martabat hakim untuk mengambil sikap, sebagai bagian dari fungsi advokasi,” ujar Djuyamto rilisnya secara tertulis.

Djuyamto menyayangkan banyaknya pemberitaan di media sosial serta meme yang meremehkan dan merendahkan martabat almarhum Suryaman. Menurutnya, konten berita dan meme yang tendensius tersebut menimbulkan tekanan mental serta kesedihan berlipat pada keluarga almarhum.

Untuk itu Djuyamto berharap agar Komisi Yudisial mengambil tindakan tegas. Selain itu, ia juga ingin agar seluruh pihak proposional dalam menyikapi putusan pengadilan.

Sebelumnya, diketahui bahwa banyak pemberitaan di media sosial mengenai kematian almarhum Suryaman. Dalam pemberitaan tersebut, kematian almarhum Suryaman dikait-kaitkan sebagai akibat putusannya dalam persidangan kasus tes swab Habib Rizieq Sihab di RS Ummi Bogor.

CHARLIE TOBING

Share