Azis Syamsuddin Muncul di Persidangan M Syahrial

Azis Syamsuddin Muncul di Persidangan M SyahrialWakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. Foto: ANTARA

KEADILAN- Lama tak terdengar kabarnya, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin muncul dalam persidangan kasus dugaan suap Wali Kota Tanjungbalai nonaktif M Syahrial ke mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju.  Namun kehadiran Azis tidak secara fisik, melainkan hadir secara virtual.

Dari tangkapan layar monitor di Pengadilan Negeri Medan, Senin (26/7/2021) siang tampak Aziz duduk di kursi dalam sebuah ruangan.

Selain Azis, juga terlihat AKP Robin yang juga akan menjadi saksi pada persidangan Syahrial.

Sama seperti Azis, Robin juga terlihat duduk di kursi dalam sebuah ruangan. Bedanya, ia menggunakan rompi tahanan berwarna oranye.

Plt Jubir KPK, Ali Fikri, sebelumnya mengatakan akan ada sejumlah saksi dalam sidang Walkot M Syahrial hari ini. Di antaranya adalah Aziz dan Robin.

Ali mengatakan politisi Partai Golkar itu telah menyatakan bersedia mengikuti persidangan. Azis akan menghadiri sidang secara online atau daring.

Nama Azis muncul dalam dakwaan M Syahrial. Jaksa menyebutkan, pada pertemuan itu terdakwa dan Muhammad Azis Syamsuddin membicarakan mengenai Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diikuti oleh terdakwa di Kota Tanjungbalai.

“Lalu Muhammad Azis Syamsuddin menyampaikan kepada terdakwa akan mengenalkan dengan seseorang yang dapat membantu memantau dalam proses keikutsertaan terdakwa dalam Pilkada tersebut,” ujar jaksa pada persidangan, Senin (12/7).

Dalam kasus ini, Syahrial didakwa menyuap Robin Rp 1,6 miliar agar penyelidikan terkait kasus dugaan jual beli jabatan di Pemko Tanjungbalai tidak naik ke penyidikan.

Darman Tanjung

Editor      :
Reporter :