Dugaan Penipuan Penerimaan Siswa: Begini Penjelasam Kejari Depok

Dugaan Penipuan Penerimaan Siswa: Begini Penjelasam Kejari DepokKasi Intelijen Kejaksaan Negeri Depok Herlangga Wisnu Murdianto. Foto: keadilan/RF

KEADILAN- Kepala Seksi Intelijen Kejari Depok Herlangga Wisnu Murdianto mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan atau pengaduan dari orang tua para siswa terkait dugaan penipuan  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Pelaku yang dilaporkan, kata Herlangga, bukan dari kalangan Dinas Pendidikan, Kantor Cabang Disdik (KCD) ataupun sekolah.

“Kejaksaan sudah menerima pengaduan dari orang tua para siswa bahwa ada pihak -pihak di luar dari Dinas Pendidika, KCD serta sekolah,” terang Herlangga kepada keadilan.id, Rabu (4/8/2021).

Para Pelaku seolah olah bisa menawarkan jasa untuk memasukkan murid ke sekolah dengan sejumlah imbalan tertentu,” ujarnya kepada Keadilan.id Rabu (4/8/3021).

Pelaku meminta imbalan uang dari para korban dengan menjanjikan calon siswa bisa diterima di sekolah-sekolah negeri.

“Namun kemyataannya anak murid tersebut tidak masuk sekolah, padahal pihak ketiga sudah menerima uang,” ucapnya tanpa menyebutkan identitas pelaku penipuan tersebut.

Herlangga berjanji pikaknya akan  menelusuri laporan dari orang tua murid tersebut.

“Jika ada indikasi penipuan dari pihak tertentu di luar sekolah,  akan dilimpahkan ke kepolisian, Tapi jika ada indikasi gratifikasi (suap) akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” sambungnya.

Kejari Depok, sambung Herlangga, tidak pernah melakukan intervensi mengenai kebijakan dari Dinas Pendidikan ataupun sekolah dalam hal penerimaan siswa baru.

Untuk diketahui pihak Intelijen Kejari Depok pernah melakukan audiensi dengan KCD pada Maret 2021 lalu.

“Saat audiensi tersebut saya memberikan.masukan kepada teman-teman KCD agar waspada dan melaporkan pihak yang mengaku dari kejaksaan untuk kepentingan pribadi,” jelasnya.

Ia berharap disdik dan KCD melaporkan jika ada yang membawa nama instansi kejaksaan terkait PPDB maupun hal lainnya.

Rahmat Fauzi

Editor      :
Reporter :