Mahfud MD Sebut Hoax Berpotensi Memecah Persatuan Bangsa

Mahfud MD Sebut Hoax Berpotensi Memecah Persatuan BangsaMenko Polhukam Mahfud MD.

KEADILAN – Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan, informasi palsu atau hoax berpotensi memecah persatuan bangsa. Kata Mahfud, masa pandemi covid 19 hoax benar-benar menjadi ancaman.

“Di era digital kita berhadapan dengan media sosial yang susah dikontrol. Misal pemerintah mau tutup satu akun, itu bisa jadi perkara, tidak boleh sembarangan,” ujar Mahfud saat dialog virtual dengan pimpinan perguruan tinggi keagamaan negeri/swasta, Jumat (6/8/2021) malam.

Menurut Mahfud, perguruan tinggi memiliki peran penting dalam membendung narasi-narasi yang tidak sehat serta sumber informasi yang tidak jelas.

“Perlu kerjasama. Pengertian hak tentang menjaga bangsa ini bukan hanya berdasar aturan hukum resmi. Tapi juga berdasar sikap moral kita untuk melindungi bangsa ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Hindu Indonesia-Bali Danriasa menjelaskan, era pandemi covid 19 masyarakat sangat sensitif dan mudah terprovokasi. Oleh sebab itu, dirinya sepakat pentingnya perguruan tinggi turut serta menebarkan informasi yang positif yang menjadi kebijakan dari pemerintah. Terutama menghadapi informasi hoax yang ada di media sosial.

“Oleh karena itu beberapa universitas di Bali sudah aktif membuat program dalam bentuk Podcast, untuk menyampaikan informasi-informasi yang menjadi kebijakan pemerintah pusat yang diturunkan menjadi kebijakan pemerintah daerah,” ujarnya.

Danriasa menambahkan, perguruan tinggi sangat strategis dalam menjaga stabilitas keamanan, politik, maupun hal lain yang berdampak pada masyarakat.

Odorikus Holang

Editor      :
Reporter :