HUT Ke-16 PFI Medan, Ijek Dorong Peka Terhadap Masyarakat

HUT Ke-16 PFI Medan, Ijek Dorong Peka Terhadap Masyarakat

KEADILAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah mendorong Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan untuk lebih peka sosial bagi masyarakat. Itu dikatakannya saat menerima audiensi PFI Medan di rumah dinasnya, Rabu (11/3/2020).

Kedatangan PFI Medan ini dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke-16, dipimpin Ketua Rahmad Suryadi, Ketua Panitia Prayugo Utomo dan para anggota. Pertemuan hangat itu, pria yang akrab disapa Ijek itu mengajak, PFI Medan bersinergi dengan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, dalam hal mempromosikan berbagai potensi di Sumut. “Saat ini pemerintah sedang fokus mengembangkan pariwisata di Danau Toba. Dalam waktu dekat juga akan digelar Rally di Danau Toba. Itu bisa jadi media promosi dengan foto-foto sport tourism,” ungkap Ijek.

Dia juga mengingatkan para pewarta foto untuk tetap siaga dalam bertugas. Khususnya dalam kondisi bencana alam dan wilayah konflik. “Setiap pewarta foto harus membekali diri dengan kemampuan menganalisis lapangan yang baik. Jangan sampai mengabaikan risiko karena ingin membuat karya. Tidak ada berita seharga nyawa,” ujarnya.

Ijek mengatakan jika pewarta foto bisa berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mendapatkan pelatihan tanggap bencana. Di akhir pertemuan, Ijek mengatakan akan datang ke acara puncak HUT PFI Medan. “Jika tidak ada halangan, Insha Allah saya akan hadir. Semoga sukses acaranya untuk PFI Medan,” katanya.

Ketua PFI Medan Rahmad Suryadi langsung menyampaikan maksud kedatangan mereka. Dia mengatakan, sebelumnya PFI Medan sudah melewati berbagai rangkaian acara HUT PFI. PFI Medan sendiri dibentuk sejak 24 Februari 2004, sebagai wadah para pewarta fotografer. “Kita sudah menggelar lomba foto on the spot bersama komunitas fotografi di Medan dan workshop Multimedia sebagai upaya peningkatan kualitas para pewarta foto,” ungkap Rahmad.

Bagi Rahmad, para pewarta foto, tidak hanya bekerja melakukan peliputan. PFI Medan, juga sering melakukan kegiatan sosial. PFI sering berkolaborasi dengan berbagai lembaga sosial lainnya, memberikan berbagai bentuk bantuan. “Saat bencana di Palu kita berhasil mengumpulkan donasi hingga Rp400 juta. Donasi itu kita dapat dari hasil lelang foto para jurnalis hingga usaha-usaha lainnya,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Rahmad mengajak Ijeck untuk hadir dalam puncak acara HUT Ke-16 PFI Medan yang akan dihelat pada Jumat (13/3) malam. Keesokan harinya, PFI Medan akan menggelar lelang foto charity, untuk donasi yang akan diserahkan kepada anak-anak penderita kanker. Haris Iskandar

 

Editor      :
Reporter :