Moyet Liar Resahkan Warga Komplek IPTN

Moyet Liar Resahkan Warga Komplek IPTNKawanan monyet berkeliaran si Komplek IPTN Cimanggis. Foto: istimewa

KEADILAN- Keberadaan monyet liar jenis ekor panjang kerap menggangu warga komplek IPTN , RT10/RW03, Kelurahan Harjamukti, Cimanggis, Depok.

Kawanan monyet terlihat lagi memasuki pemukiman warga komplek IPTN sejak Minggu sore (15/8 2021). Tak hanya mengganggu aktivitas warga, kawanan monyet bahkan sempat menggigit salah seorang warga hingga terjatuh.

Ketua RT RT 10/03, Sudrajat Suciono mengatakan, sebenarnya selama kurun waktu beberapa tahun kebelakang warga merasa ketakutan dan cemas, karena sering kali monyet masuk ke pekarangan rumah dan mengacak-acak mencari makanan.

“Warga benar- benar takut , karena pernah satu waktu monyet diusir, namun malah segerombol nyerang balik. Malahan salah seorang warga digigit,” katanya, Senin (16/8/2021).

Serangan monyet liar ini sudah diberitahukan kepada Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat. Kemudian petugas BBKSDA datang memantau situasi selama sepekan.

“Jadi masih sebatas laporan, belum ada penanggulangan. Kejadian ini sudah berlangsung hampir lima tahun, sekali datang kawanan monyet bisa mencapai 30 ekor,” tegasnya.

Sudrajatpun berharap agar gangguan monyet tersebut dapat berhenti, sehingga warga kembali hidup nyaman dan tenteram.

Sementara itu, Arianto, satpam komplek IPTN juga mengaku resah dengan kawanan monyet liar yang memasuki kawasan tersebut. Ia menduga  kawanan monyet itu datang secara bergerombol dari Taman Wiladatika Cibubur.

“Kawanan monyet masuk melalui Taman Wiladatika, warga banyak melapor kepada saya dan saya teruskan ke pak  RT 10,” ujarnya.

Rahmat Fauzi

Editor      :
Reporter :