Terbelit Utang, Nekat Mencuri Kotak Amal

Terbelit Utang, Nekat Mencuri Kotak AmalKotak amal Musala Nurul Falah dicuri. Foto: keadilan/RF

KEADILAN- Seorang pria babak belur dihakimi massa lantaran kepergok mencuri kotak amal musala di RT 04/10, Parung Bingung, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas , Depok.

Kanit Reskrim Polsek Pancoran Mas, Iptu Abu menuturkan peristiwa pencurian kotak amal di Musala Nurul Falah  terjadi pada Minggu (15/08/2021)  sekitar pukul 16.30 WIB. Pelaku berpura-pura melaksanakan shalat ashar.

“Pelaku pura-pura seperti jamaah lain hendak shalat ashar.  Melihat ada peluang, langsung mencongkel kotak amal yang terbuat dari aluminium, dan mengambil uang sekitar satu jutaan,” ujarnya kepada keadilan.id, Selasa (17/8/2021).

Pelaku yang berinisial JW (44) berhasil tertangkap ketika salah seorang warga melihat gerak- gerik mencurigakan dari pelaku.

Saat pelaku mengambil uang di dalam kotak amal,  seorang jamaah langsung menangkapnya. Warga yang geram ikut melayangkan pukulan dan tendangan ke arah tubuh pelaku.

Untuk menghindari amukan massa pelaku dibawa ke pos RW setempat sebelum kemudian dijemout oleh aparat Polsek Pancoran Mas.

Ketika diperiksa di kantor polisi,  JW, mengaku nekat mencuri kotak amal lantaran terlilit utang kepada rentenir.

“Tersangka mengakui baru sekali melakukan pencurian karena terdesak utang,” papar Abu menjelaskan perbuatan pelaku yang semula bekerja sebagai sopir itu.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya JW dikenakan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

Rahmad Fauzi

Editor      :
Reporter :