Raja dan Ratu Belanda Terkesima Keindahan Danau Toba

Raja dan Ratu Belanda Terkesima Keindahan Danau Toba

KEADILAN – Raja dan Ratu Belanda Willem Alexander dan Maxima Zorreguieta Cerruti terkesima dengan keindahan Danau Toba, pada kunjungan pada Kamis (12/3/2020).

Kehadiran keduanya disambut Menteri Pariwisata, Wishnutama, Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan isteri, Nawal Edy Rahmayadi, Duta Besar Belanda untuk Indonesia. Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta menjadikan Bukit Singgolom, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba sebagai destinasi.

Sajian pemandangan Danau Toba yang indah di Singgolom sebagai bingkai Pulau Samosir. “Di Bukit Singgolom hanya 15 menit. Kesan mereka begitu wonderful. Saya menemani raja dan ratu menjelaskan tentang Danau Toba,” ungkap Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo.

Kepada raja dan ratu Belanda, Arie menjelaskan soal tiga erupsi besar yang membentuk Toba. Mulai dari erupsi 800 ribu, 500 ribu hingga terakhir 74 ribu tahun lalu. “Saya juga menjelaskan sekarang pemerintah sedang giat membangun Danau Toba sebagai 10 bali baru dan merupakan destinasi superprioritas di era Pemerintahan Presiden Joko Widodo,” sebutnya.

Ia pun berharap dengan kunjungan raja dan ratu Belanda tersebut menjadi suntikan bagi para investor di negeri Kincir Angin, yang fokus pada pengembangan Danau Toba ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG). “Kita berharap dari pihak Belanda merespon soal investasi, paling tidak melakukan join promotion membawa turis ke sini. Karena Danau Toba memang sangat menarik,” ujarnya.

Setelah mengabadikan gambar di sana, Willem dan Maxima bergeser ke Desa Siambat Dalan. Di sana mereka disuguhi arsitektur Rumah Adat Batak berusia 400 tahun.

Haris Iskandar

Editor      :
Reporter :