Minimarket Disegel Karena Tak Memilik Izin 

Minimarket Disegel Karena Tak Memilik Izin Minimarket tanpa izin disegel di Depok. Foto: keadilan/RF

KEADILAN- Sebuah minimarket di Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Depok disegel Satpol PP Kota Depok Sebelumnya minimarket tersebut sudah sempat beroperasi selama hampir dua pekan.

Kepala Bidang Penegakan Perda Satpol PP Kota Depok, Taufiqurrahman mengatakan, penyegelan minimarket itu dilakukan pada Kamis, (25/8/2021) lalu.

“Alasan penyegelan minimarket di Jalan Nangka Tapos Depok, terkait belum adanya Izin Mendirikan Bangunan (IMB),” kata Taufiqurrahman kepada keadilan.id, Senin (30/8/2021).

Di samping itu, kata dia, bangunan yang minimarket tidak sesuai tata ruang wilayah, karena ada beberapa titik yang tidak boleh dibangun.

Sehingga pembangunan minimarket itu dinyatakan  melanggar Perda Kota Depok Nomor 2 Tahun 2016, perubahan atas Perda Nomor 13 Tahun 2013 tentang Bangunan dan Izin Mendirikan Bangunan.

Sementara itu, Lurah Sukamaju Baru Pairin mengatakan, pengelola minimarket baru melapor ke kelurahan pada Juli 2021 dan berkas lingkungan telah diserahkan pada Desember 2020.

“Yang benar, IMB keluar dulu baru dibangun. Sementara pengelola minimarket belum bisa mengajukan IMB karena terkendala persyaratan,” katanya.

Persyaratan yang mutlak dipenuhi adalah lahan atau tanah tempat membangun itukan sudah bersertifikat. Sedangkan lahan minimarket tersebut masih berupa akta jual beli (AJB).

Saat ini, lanjut Pairin, pihak pengelola sudah mengajukan proses pengajuan sertifikat melalui pendaftaran surat tanah secara lengkap (PTSL) di kelurahan.

Program PTSL itu sendiri baru sebatas pengukuran. Peta bidang belum di keluarkan BPN, pengelola sudah mulai membangun.

Pada saat pengelola mulai membangun, papar Pairin, pihak Pengawasan Pembangunan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Depok, sudah menngingatkan pengelola. Tapi tidak dihiraukan sehingga dilakulan penyegelan.

Rahmat Fauzi

Editor      :
Reporter :