Kejari Garut Tangkap Buronan Mantan Anggota DPRD

Kejari Garut Tangkap Buronan Mantan Anggota DPRDMantan anggota DPRD Garut ditangkap Kejari Garut. Foto: Istimewa

KEADILAN – Tim Tangkap Buron
Kejaksaan Negeri Garut menangkap buronan tindak pidana korupsi Kamis 9 September 2021. Buronan bernama Miscbah Somantri pukul 05 WIB. Koruptor anggaran dana DPRD dan Sekretariat DPRD 2001, 2002 dan 2003 tersebut melarikan diri ketika jaksa hendak melakukan eksekusi Putusan Mahkamah Agung RI Nomor 178/Pan Pidsus/118.K/Pid.Sus/2008 tanggal 30 Juni 2008.

Dalam putusan tersebut, mantan anggota DPRD Kabupaten Garut periode 1999-2004 itu divonis 4 tahun penjara. Ia dinyatakan terbukti melakukan tindak pidana korupsi dalam penggunaan anggaran DPRD Kabupaten Garut dan Sekretariat DPRD Tahun Anggaran 2001, 2002, dan 2003 sebesar Rp28 miliar.

Kejari Garut Tangkap Buronan Mantan Anggota DPRD 1

Dalam pengeluaran anggaran terdapat pembayaran yang tidak benar dan menyimpang dari peraturan dan hukum yang berlaku sehingga mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp6,589 miliar. Selain itu, pengeluaran anggaran belanja tidak didukung dengan bukti-bukti.

Terpidana diamankan di kediamannya karena ketika dipanggil oleh Jaksa Eksekutor Kejaksaan Negeri Garut, Terdakwa tak datang memenuhi panggilan yang sudah disampaikan secara patut. Oleh karena itu kemudian yang bersangkutan dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Saat ini Kejaksaan Negeri Garut terus melakukan pencarian DPO terhadap Terpidana H. Abdurragman, Sag, Terpidana KH. Ihat Kadar Solihat, dan Terpidana Dadan Slamet. “Kami mengharapkan bantuan masyarakat yang mengetahui keberadaan ketiga DPO tersebut untuk dapat melaporkan dan menghubungi Kejaksaan Negeri Garut,” ujat Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer, di Jakarta, Jumat 10/09/2021).

 

Syamsul Mahmuddin
Editor      :
Reporter :