14 Petugas Lapas Diperiksa, Besok Giliran Kalapas Tangerang

14 Petugas Lapas Diperiksa, Besok Giliran Kalapas TangerangIlustrasi kebakaran Lapas Tangerang. (Foto: iStock/clu)

KEADILAN- Penyidik Polda Metro menjadwalkan pemeriksaan 20 orang saksi terkait kebakaran di Lapas Tangerang, Senin pagi (13/9/2021). Mereka diperiksa terkait adanya unsur pidana dalam peristiwa kebakaran tersebut.

Ke 20 saksi yang diperiksa terdiri dari 14 pegawai lapas, yang bertugas saat terjadi kebakaran. Selebihnya tiga pegawai PLN dan tiga pegawai pemadam kebakaran.

“Di Polda Metro Jaya ada 14 orang pegawai lapas yang diperiksa.  Penugasan di sana ada tujuh blok, ada beberapa dibagi shift-nya kita periksa shift yang bertugas pada saat kebakaran terjadi,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (13/9/2021).

Selain pegawai lapas, penyidik juga akan memeriksa Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang Victor Teguh Prihartono. Pemeriksaan  Victor dijadwalkan, Selasa (14/9/2021).

Penyidik sendiri telah menaikkan status penanganan perkara kebakaran lapas dari tingkat penyelidikan ke penyidikan. Peningkatan status tersebut dilakukan setelah penyidik menemukan unsur pidana dalam peristiwa kebakaran itu.

“Setelah gelar perkara, kami naikkan ke tingkat penyidikan yaitu  Pasal 187 dan 188 KUHP,” tegas Yusri.

Seperti diketahui, Lapaa Kelas 1 Tangerang terbakar pada Rabu dini hari lalu. Peristiwa itu menyebabkan 41 napi tewas dilokasi. Sedangkan empat lainnya meninggal dalam perawatan.

Sebagian jasad korban hingga kini masih menjalani proses indentifikasi sebelum diserahkan kepada keluarga masing-masing.

Darman Tanjung

Editor      :
Reporter :