Kebakaran Lapas Tangerang: Polisi Akan Gelar Perkara untuk Menetapkan Tersangka

Kebakaran Lapas Tangerang: Polisi Akan Gelar Perkara untuk Menetapkan TersangkaKondisi Lapas Kelas 1 Tangerang yang terbakar. Foto: Dok Kemenkumham

KEADILAN- Puluhan saksi telah diperiksa oleh penyidik Dit Reskrimum Polda Mentro Jaya dalam kasus kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang. Selain itu penyidik juga melakukan uji forensik terhadap sejumlah barang bukti dari kebakaran tersebut.

Selanjutnya, penyidik akan melakukan gelar perkara untuk menentukan tersangka dari peristiwa yang menewaskan puluhan warga binaan penghuni lapas.

Di samping memeriksa Kepala Lapas Kelas 1 Tangerang Victor Teguh Prihartanto, penyidik juga memeriksa sejumlah pegawai lapas, termasuk karyawan PLN dan pegawai pemadam kebakaran.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kemarin penyidik telah memeriksa 9 saksi.

“Sekarang ada tambahan dua saksi warga binaan yang diperiksa. Kalapas sudah kita lakukan pemeriksaan dan selesai semalam sekitar pukul 10.00 WIB,” kata Yusri di Polda Metro Jaya, Rabu (15/9/2021).

Terkait materi pemeriksaan kalapas, kata Yusri, adalah untuk  mengetahui fungsi, karena penanggung jawab Lapas Kelas I Tangerang adalah langsung kalapas.

“Fungsi dan tugas serta pengawasan serta SOP yang ada di Lapas Tangerang sendiri,” tegasnya.

Saat ini, sambung Yusri, penyidik  masih melakukan pendalaman lagi, termasuk menganalisa alat-alat bukti sambil melengkapi administrasi untuk kelengkapan berkas.

“Nanti bila sudah lengkap, selanjutnya baru dlakukan atau rencanakan gelar perkara untuk bisa menentukan apakah ada tersangka di sini. karena memang pidananya ada di sini,” papar Yusri.

Seperti diketahui, penyidik Polda Metro Jaya menemukan adanya unsur pidana Pasal  187 dan 188 KUHP juncto 359 KUHP dalam perstiwa kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang yang menewaskan 58 orang itu.

Darman Tanjung

Editor      :
Reporter :