Mahfud MD Harap TNI Terus Menjadi Institusi yang Dapat Diandalkan

Mahfud MD Harap TNI Terus Menjadi Institusi yang Dapat DiandalkanMahfud MD.

KEADILAN – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD memberi pesan mendalam pada hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-76, Selasa (5/10/2021).

Mahfud berharap TNI bisa terus menjadi Institusi yang dapat diandalkan. TNI juga harus tetap mengawal pertahanan negara dengan penuh setia pada pancasila dan UUD 1945.

“Dirgahayu TNI, tetaplah menjadi prajurit yang profesional, disiplin, militan, dan rendah hati,” ujar Mahfud kepada wartawan, Selasa (5/10).

Mahfud juga berharap TNI terus menangani pandemi covid-19 yang kini belum berakhir.

“Untuk kemakmuran negeri dan kesejahteraan rakyat dan semangat saptamarga, teruslah kontribusi TNI dalam menangani pandemi covid-19,” tegasnya.

Diketahui, TNI lahir bersama rakyat di masa perjuangan melawan penjajah Belanda. Kala itu, dibentuk organisasi Badan Keamanan Rakyat (BKR) sebagai bagian dari Badan Penolong Keluarga Korban Perang (BPKKP) pada 22 Agustus 1945.

Di dalam BKR terdapat para pemuda yang sebelum bergabung dalam pasukan PETA, Heiho, Kaigun Heiho, dan lainnya. Mereka bekerja sementara waktu dalam wadah BKR dan dipersiapkan menjadi prajurit negara di waktu mendatang. Lalu, masa untuk membentuk angkatan perang akhirnya tiba.

Pada 5 Oktober 1945, Pemerintah Indonesia lantas membentuk Tentara Keamanan Rakyat (TKR) sebagai respons atas kedatangan tentara Inggris ke Indonesia setelah menyerahnya Jepang pada Sekutu tanpa syarat.

Kedatangan tentara Inggris tersebut dimanfaatkan Belanda sebagai pintu untuk kembali menjajah Indonesia. Lalu, pada 6 Oktober 1945, Presiden Soekarno mengangkat Supriyadi yang merupakan tokoh PETA untuk menduduki jabatan Menteri Keamanan Rakyat dan Pemimpin Tertinggi TKR.

Pembentukan TKR ini menjadi cikal bakal TNI saat ini. TKR menjadi angkatan perang dalam pembentukan tentara kebangasaan pada pemerintahan Sukarno-Hatta. Oleh sebab itu, setiap 5 Oktober diperingati sebagai Hari TNI.

Odorikus Holang

Editor      :
Reporter :