DPD RI Telah Serahkan Draf RUU Kepulauan, DPR RI Tak Bahas

DPD RI Telah Serahkan Draf RUU Kepulauan, DPR RI Tak Bahas
Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono (kedua dari kanan).

KEADILAN – Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono mengatakan, pihaknya telah membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Daerah Kepulauan. Draf RUU tersebut sudah diserahkan ke Badan Legislasi (Baleg) DPR RI.

Namun kata Nono, sampai saat ini belum ada pembahasan lanjutan dari DPR RI atas RUU tersebut.

“Sayangnya sampai saat ini Pansus di DPR juga belum dibentuk, padahal sudah mau dibahas secara tripartit,” ujar Nono di Gedung Nusantara V, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (6/10/2021).

Nono menambahkan, kondisi pembangunan saat ini setelah 76 tahun merdeka terjadi disparitas misalnya Pulau Jawa dan luar, kawasan timur dan barat, serta basis kepulauan atau bukan. Alhasil, terjadi kesenjangan atau ketimpangan yang cukup jauh.

“Strategi pembangunan kita perlu dikoreksi maka kita lihat saat ini kawasan timur Indonesia menjadi daerah termiskin,” tuturnya.

Senator asal Maluku itu mencontohkan untuk di daerah pemilihannya, anggarannya lebih kecil dari salah satu kabupaten di Jawa. Maka tidak salah bila dicap sebagai daerah tertinggal, terbelakang, termiskin, bahkan terlupakan.

“Tidak salah bila kawasan timur Indonesia dicap sebagai daerah tertinggal, terbelakang, termiskin, dan bahkan terlupakan,” paparnya.

Odorikus Holang

BACA JUGA: RUU Daerah Kepulauan Jadikan Indonesia Poros Maritim Dunia

Editor      :
Reporter :