Pengeroyokan Maut, Terdakwa Dituntut 10 Tahun Penjara

Pengeroyokan Maut, Terdakwa Dituntut 10 Tahun Penjara
JPU Melda Siagian membacakan tuntutan dalam sidang perkara pengeroyokan di PN Jakut, Rabu, 6 Oktober 2021. (Charlie)

KEADILAN – Michael Haumahu alias Celo dituntut 10 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Melda Siagian. Celo dituntut atas kasus pengeroyokan di kawasan Pela-Pela Tanjung Priok yang menewaskan satu orang korban bernama Hanapi pada 2 Mei 2021 lalu.

“Menuntut majelis hakim untuk menyatakan Michael Haumahu alias Celo terbukti bersalah melakukan tindak pidana secara bersama melakukan kekerasan yang mengakibatkan maut sebagaimana diatur dalam Pasal 170 ayat 2 ke-3 KUHP dalam dakwaan pertama. Kedua, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan penjara selama 10 tahun. Dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan,” ucap JPU membacakan tuntutannya dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), Rabu (06/10/2021).

Usai pembacaan tuntutan, majelis hakim yang dipimpin oleh Rudi Abbas sebagai Hakim Ketua, dengan anggota Budiarto dan Tumpanuli Marbun memberikan waktu satu minggu untuk terdakwa mengajukan pembelaan. Sidang ditutup.

Sebelumnya diketahui, pada bulan Mei lalu terjadi pengeroyokan di kawasan Pela-pela, Tanjung Priok, Jakarta Utara yang menyebabkan tewasnya Hanapi (53). Pengeroyokan itu berawal dari perampasan handphone milik pelanggan kafe remang-remang. Saat perampasan handphone itu, sempat terjadi perdebatan antara pemilik warung, Nuryawati, dengan terdakwa Celo.

Merasa tidak terima, Terdakwa Celo kemudian memanggil teman-temannya, dan melempari warung Nuryawati dengan batu dan petasan. Karena panik, Nuryawati dan pengunjung kafe berlarian keluar.

Saat berlari, Nuryawati sempat terjatuh. Kemudian Nuryawati ditolong oleh Hanapi. Tetapi saat hendak menolong Nuryawati, Hanapi justru dikeroyok dan disabet dengan benda tajam di paha kirinya. Hanapi sempat ingin dilarikan ke rumah sakit. Namun nahas ia meninggal dalam perjalanan.

Dalam perkara ini, diketahui pelaku berjumlah 19 orang. Selain Celo, dua pelaku lainnya yang masih dibawah umur telah divonis empat bulan penjara. Sementara 16 pelaku lainnya masih DPO.

Charlie Tobing

Editor      : Syamsul Mahmuddin
Reporter : Charlie Tobing