Anwar Hafid: Pemilu 2024 Miliki Tiga Rasa

Anwar Hafid: Pemilu 2024 Miliki Tiga Rasa
Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Demokrat H Anwar Hafid.

KEADILAN – Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi Demokrat H Anwar Hafid mengatakan, pemilu 2024 memiliki tiga rasa yaitu rasa pandemi, rasa krisis resesi dan rasa suksesi. Atas hal ini kata Anwar, para penyelenggara pemilu harus mempersiapkan dengan baik.

“Persiapannya tidak boleh sama dengan persiapan kita mempersiapkan pemilu pemilu yang sudah-sudah, karena tiga rasa tadi itu,” ujar Anwar dalam diskusi bertajuk “Pemilu Serentak 2024: Ujian Demokrasi?” di Media Center DPR RI, Kamis (7/10/2021).

Anwar juga meminta para penyelenggara supaya mendesain sistem pemilu tahun 2024 dengan baik. Pihaknya dari fraksi Demokrat kata Anwar selalu memegang prinsip konstitusionalitas. “Apapun yang dilakukan di 2024 itu, seluruh tahapan itu harus sesuai dengan konstitusi kita,” katanya.

Lanjut Anwar menegaskan, undang-undang pemilu dan undang-undang Pilkada sudah disepakati tidak direvisi kembali. DPR dan Pemerintah menutup pintu untuk revisi Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) dan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) lewat pembahasan Rancangan Undang-undang (RUU) Pemilu.

“Kita semua sudah sepakat tidak ada revisi, maka seluruh penyelenggaraan pemilihan pemilu dan pemilihan itu, harus berdasarkan di undang-undang itu,” katanya.

Selain itu kata Anwar, pihaknya selalu menjunjung tinggi asas kemanusiaan. Anwar pun merujuk pada pemilu 2019 yang mencederai demokrasi. “Adanya petugas-petugas kita yang gugur dalam menyelenggarakan pemilu 2019 yang lalu,” tukasnya.

Odorikus Holang

Editor      :
Reporter :