Satgas 53 Tangkap Kasi Pidsus Kejari Mojokerto

Satgas 53 Tangkap Kasi Pidsus Kejari Mojokerto
Suasana di Kejari Mojokerto

KEADILAN – Tim Satuan Tugas 53 (Satgas 53) Kejaksaan Agung mengamankan seorang oknum pejabat Kejaksaan Negeri Kabupaten Mojokerto. Penangkapan itu terkait adanya laporan pengaduan masyarakat atas dugaan penyalahgunaan wewenang, Selasa (12/10).

Menurut Kapuspenkum Kejaksaan RI Leonard Eben Ezer Simanjuntak SH langka pengamanan yang dilakukan Tim Satgas 53 sebagai respons cepat atas laporan masyarakat dengan melakukan klarifikasi atas kebenaran laporan masyarakat. “Yang bersangkutan saat ini masih dilakukan pemeriksaan di bidang pengawasan Kejaksaan Agung,” kata Leo Simanjuntak.

Namun Leo Simanjuntak tidak membeberkan siapa oknum pejabat struktural di Kejari Mojokerto yang dibawa dan kini sedang dilakukan klarifikasi di Pengawasan Kejaksaan Agung.
“Pejabat struktural di kejari Kabupaten Mojokerto itu masih pemeriksaan di pengawasan,” jelas Leo Simanjuntak.

Sementara informasi yang beredar menyebutkan pejabat struktural di Kejari Mojokerto Kabupaten Mojokerto disebutkan adalah Kasi Pidsus Ivan Kusuma Yuda SH. Pengamanan ini terkait dugaan penyimpangan di dalam penanganan kasus pidsus. Selain pejabat kejaksaan, ikut diamankan oknum pejabat dari Dinas Pemberdayaan Maysrakat Desa (DPMD) Pemkab Mojokerto berinisial Suh untuk dilakukan klarifikasi.

Satgas SDO melakukan pengamanan terhadap Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Mojokerto Ivan Kusuma Yuda yakni jaksa yang menjabat sebagai Kepala Seksi (Kasi) di Kejari Kabupaten Mojokerto.

Tim SDO Intelijen Kejagung datang di gedung kejari Mojokerto dan langsung masuk ke lantai II yang merupakan ruang kerja Kasi pidsus. Dikabarkan dalam OTT itu diduga ditemukan ada sejumlah uang dari ruang kerja Kasi Pidsus dan ikut dibawa ke kejagung.

Sebagaimana diberitakan Kepala Kejari Kabupaten Mojokerto, Gaos Wicaksono dalam jumpa persnya mengatakan Kasi Pidsus Kabupaten Mojokerto diduga melakukan penyimpanan di dalam melaksanakan tugasnya. Kajari menegaskan, dibawanya Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Mojokerto ke Kejagung RI dalam rangka klasifikasi yang merupakan tugas Kejagung RI untuk mengoptimalkan pengawasan internal, pencegahan dan melakukan deteksi dini terhadap oknum Jaksa atau pegawai Kejaksaan.

“Kami belum tahu secara persis karena ini masih klarifikasi pengawasan,” jelas Gaos Wicaksono.

“Sementara ini yang bisa saya sampaikan kepada teman-teman semua sambil kita tunggu hasilnya. Semoga semuanya dapat berjalan dengan baik, mungkin itu saja yang perlu saya sampaikan. Terima kasih,” pungkasnya

Editor      : Syamsul Mahmuddin
Reporter :