Ribuan Septic Tank Kota Depok Rampung Dikerjakan

Ribuan Septic Tank Kota Depok Rampung DikerjakanKabid Permukiman Disrumkin Kota Depok Sukanda (kanan) meninjau pembangunan sanitasi. Foto; ist

KEADILAN- Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disrumkim) Kota Depok telah merampungkan salah satu program kerjanya di bidang pemukiman. Program tersebut berupa pembangunan septic tank untuk 1.045 kepala keluarga. Kini ribuan sarana sanitasi tersebut sudah digunakan oleh para penerima manfaat.

Kepala Dinas Rumkim Kota Depok Dudi Mi’raz menjelaskan bahwa pembuatan septic tank menelan anggaran sebesar Rp 10, 428 miliar  menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok tahun 2021.

“Kami sudah menyelesaikan pekerjaan pembuatan septic tank untuk 1.045 KK di tahun ini, dan semuanya sudah digunakan oleh penerima manfaat,” sebut Dudi kepada keadilan.id, Jumat (15/10/2021).

Dudi mengatakan septic tank yang dibuat oleh Pemkot Depok sudah modern dan menggunakan biotech atau fabrikasi. Dibanding konvensional, bio septic tank ini dinilai lebih unggul.

“Meski jaraknya hanya 3-4 meter, namun septic tank ini ramah lungkungan dan tidak akan mencemari lingkungan sekitar. Cocok untuk kota Depok yang sudah padat penduduknya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Permukiman Sukanda merinci, ribuan septic tank ini tersebar di 27 kelurahan. Diantaranya Kelurahan Mampang, Ratu jaya, Curug, Bojongsari, Serua, Pondok Petir, Bojongsari Baru, dan Pengasinan.

Kemudian Sawangan, Cinangka, Sukamaju, Kalimulya, Abadijaya, Cisalak dan Sukmajaya, Mekarjaya, Baktijaya, Cinere dan Pangkalan Jati Baru, Pangkalan Jati, Sekamaju Baru, Cimpaeun, Cilangkap, Leuwinanggung, Jaijajar, Limo, dan Meruyung.

“Pembangunan septic tank tahun ini melebihi target yang ditetapkan. Hal ini sebagai bentuk komitmen Pemkot Depok dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memiliki sanitasi layak,” tandasnya.

Editor      : Darman Tanjung
Reporter : Rahmat Fauzi