Korupsi LPEI, 9 Saksi Diperiksa Jaksa

Korupsi LPEI, 9 Saksi Diperiksa JaksaKapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer memberikan keterangan kepada wartawan

KEADILAN – Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) Kejaksaan Agung kembali melakukan pemeriksaan saksi terkait dengan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia(LPEI), Kamis (21/10). Kali ini ada sembilan orang yang mendatangi Gedung Bundar Kejagung untuk dimintai keterangannya.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak menjelaskan kesembilan saksi yang diperiksa merupakan “orang dalam” LPEI. Dan pemeriksaannya terkait dengan pemberian fasilitas kredit dari LPEI dan menghalang-halangin penyidikan dan tidak mau memberikan keterangan.
“Yang terkait pemberian fasilitas kredit untuk empat orang saksi, selebihnya terkait menghalang-halangin penyidikan dan tidak mau memberikan keterangan,” ucapnya.

Lebih lanjut Leonard merinci saksi yang diperiksa terkait pemberian fasilitas kredit dari LPEI yakni AT selaku Kepala Departemen LPEI periode 2012 s/d 2016, MS selaku Kepala Divisi Analisa Risiko Bisnis II pada LPEI Periode 2014 s/d 2017, TR selaku Kepala Departemen UKM LPEI periode tahun 2010 s/d 2014 dan PSNM selaku Mantan Kepala Departemen UKM LPEI periode 2015 s/d April 2018.

Sedangkan ML selaku Mantan Kepala Departemen Bisnis UKMK LPEI, AA selaku Deputi Bisnis pada LPEI Kanwil Surakarta tahun 2016-2018, NH selaku Mantan Kepala Departemen Analisa Risiko Bisnis (ARD) II LPEI tahun 2017-2018, CTGS selaku Eks Relationship Manager Divisi Unit Bisnis tahun 2015-2020 pada LPEI Kanwil Surakarta dan IS selaku Mantan Direktur Pelaksana UKM dan Asuransi Penjaminan LPEI tahun 2016-2018, adalah para saksi yang diperiksa terkait menghalang-halangin penyidikan dan tidak mau memberikan keterangan.

“Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memberikan keterangan guna kepentingan penyidikan tentang suatu perkara pidana yang ia dengar sendiri, ia lihat sendiri dan ia alami sendiri guna menemukan fakta hukum tentang tindak pidana korupsi yang terjadi dalam Penyelenggaraan Pembiayaan Ekspor Nasional Oleh Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia(LPEI),” pungkasnya.

Editor      : Syamsul Mahmuddin
Reporter : Chairul Zein