Mahfud MD: Pemerintah dalam Urusan Pemilu Netral dan Adil

Mahfud MD: Pemerintah dalam Urusan Pemilu Netral dan AdilMenko Polhukam Mahfud MD saat beraudiensi dengan Tim Seleksi KPU dan Bawaslu di Kantor Menko Polhukam Jumat sore (22/10/2021).

KEADILAN – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah dalam urusan Pemilu akan bertekad netral dan adil.

Hal tersebut kata Mahfud terkait dengan pembentukan Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk Pemilu 2024 mendatang. Menurut Mahfud, Timsel tersebut akan dipilih orang-orang yang kredibilitasnya sudah teruji dan berintegritas.

“Pembentukan panitia seleksi ini sesuai dengan kalender konstitusional kita, yang mengatakan bahwa 2024 akan ada pemilihan Legislatif, Pemilihan Presiden,dan Pemilihan Kepala Daerah, di tahun yang sama, juga pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden yang baru. Juga dalam kalender konstitusi, KPU dan Bawaslu harus sudah diganti pada 11 april 2022,” ujar Mahhfud kepada wartawan, Jumat (22/10/2021).

Lanjut Mahfud, pembentukan Timsel KPU dan Bawaslu menandakan agenda pemilu 2024 dilaksanakan sesuai kalender konstitusi dan Undang-Undang (UU).

“Ini sesuai perintah Presiden, untuk membuat jadwal Pemilu sesuai UU dan jangan berpikir politik diluar itu,” tegasnya.

Mahfud pun menghimbau kepada masyarakat yang ingin mengabdi kepada bangsa, supaya ikut seleksi anggota KPU dan Bawaslu.

“Bagi kandidat yang memenuhi persyaratan dan punya komitmen, punya keinginan menjadi penyelenggara pemilu, silahkan mendaftar. Negara membutuhkan calon anggota KPU dan Bawaslu yang mumpuni untuk tugas besar Pemilu 2024,” tukasnya.

Editor      : Penerus Bonar
Reporter : Odorikus Holang