KPK: Bantahan Azis Syamsuddin Tak Berpengaruh

KPK: Bantahan Azis Syamsuddin Tak BerpengaruhEks Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin usai diperiksa KPK. Foto: instagram @official.kpk

KEADILAN- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan santainya menanggapi bantahan yang disampaikan mantan Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan perkara suap yang menjerat eks penyidik, AKP Stephanus Robin Pattuju.

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri menegaskan bahwa peningkatan status perkara suap ini hingga ke tahap penyidikan sudah didasari bukti permulaan yang kuat.

Menurutnya, pengakuan atau bantahan perbuatan Azis merupakan haknya selaku saksi dalam persidangan tersebut. Sebab perbuatan terdakwa Robin dan lainnya tidak serta merta hanya berdasar alat bukti dari keterangan Azis.

“Kami menilai, bantahan-bantahan saksi Azis Syamsudin di depan majelis hakim tidak berpengaruh pada pembuktian surat dakwaan jaksa KPK,” kata Ali dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021).

Ali menyampaikan, tim jaksa KPK nantinya juga akan menuangkan dan merumuskan seluruh fakta-fakta hasil sidang dari awal sampai akhir ke dalam analisa yuridis surat tuntutan. KPK sendiri meyakini, majelis hakim akan memvonis bersalah Robin, Azis dan terdakwa lain dalam perkara suap menyuap tersebut.

“Dari seluruh rangkaian proses persidangan tersebut, kami sangat yakin Majelis Hakim nantinya akan memutus bersalah terhadap terdakwa SRP dkk,” katanya.

Azis sebelumnya, mengklaim tidak pernah menyuap Robin selaku mantan penyidik KPK. Dia berdalih hanya meminjamkan uang senilai Rp210 juta kepada Robin dengan alasan kemanusiaan.

“Pinjaman Rp 10 juta dan Rp 200 juta alhamdulillah belum dikembalikan, Robin hanya mengatakan akan segera mengembalikan,” kata Azis di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (25/10/2021)

Editor      : Darman Tanjung
Reporter : Ainul Ghurri