Polda Metro Janji Tindak Tegas Penyebar Hoax Covid-19

Polda Metro Janji Tindak Tegas Penyebar Hoax Covid-19

KEADILAN- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis sebanyak 242 hoaks dan disinformasi yang berkaitan dengan virus Corona (Covid-19) pada Selasa (17/3/2020). Seluruh konten itu tersebar di platform media sosial maupun website dan platform pesan instan. Temuan tersebut didapat dari hasil identifikasi Tim Ais.

Terkait temuan tersebut, Polda Metro Jaya memastikan akan menyelidiki sejumlah informasi hoax itu. Bila terbukti, para pelaku akan ditindak tegas sesuai Undang-Undang (UU) yang berlaku.

“Kami sudah katakan, nanti kita selidiki. Bentuk hoax apa pun tentang corona ini akan kita lakukan penindakan. Baik itu informasi dari Kominfo kita dalami semuanya,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Kamis (19/3/2020).

Namun Yusri enggan menjelaskan secara rinci batas waktu penyelidikan informasi hoax di tengah darutan pandemi corona. Yusri malah berdalih akan terus melakukan penyelidikan. “Kita terus lakukan penyelidikan,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan akan terus melakukan identifikasi dan menangkal setiap informasi yang tidak benar atau hoaks yang beredar di dalam negeri.

Menteri Kominfo menilai tindakan penyebaran isu yang tidak benar di tengah penyebaran virus Corona saat ini sangat tidak baik. Karena berpotensi membuat berbagai lapisan masyarakat panik dan takut dalam menghadapi bencana non alam ini.

“Hal ini merugikan bangsa dan negara. Dan pelaku juga tidak menjawab panggilan Ibu Pertiwi yang membutuhkan pertolongan,” ujarnya.

Odorikus Holang

Editor      :
Reporter :