Awas, Polda Metro Jaya Akan Punya “Dream Team” yang Bertugas Malam Hari

Awas, Polda Metro Jaya Akan Punya “Dream Team” yang Bertugas Malam HariKapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran. Foto: keadilan/dt

KEADILAN-Warga DKI Jakarta yang beraktifitas di malam hari membutuhkan  tentu mengharapkan rasa aman. Hal itu direspom oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran yang berencana membentuk tim khusus.

Tim ini akan diberi nama ‘Dream Team’, yang akan berpatroli pada malam hari di seluruh wilayah hukum Polda Metro.

“Banyak masukan melalui media sosial untuk mengantisipasi kejahatan pada malam hari. Saya berencana akan membuat sebuah ‘dream team’ yang akan melahirkan heroes-heroes baru untuk mengawal masyarakat supaya boboknya tenang,” kata Fadil Imran di sela-sela pembukaan ‘Kapolda Cup 2021’ di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (30/10/2021).

Dream Team ini, ungkap Fadil, akan menjadi satu kesatuan dari tim-tim patroli yang ada di seluruh polres-polres jajaran Polda Metro Jaya. Tim yang dibentuk dari Satuan Sabhara ini akan dilatih sehingga memiliki kemampuan yang seragam.

“Kemampuannya saya latih, kemampuan mengemudi, kemampuan pengetahuan tentang HAM, kemampuan tentang komunikasi, kemampuan tentang kejahatan dan bagaimana transformasi Polri yang diharapkan pimpinan,” ucap Fadil.

Tim  ini diharapkan menjadi ‘kelelawar’ pada malam hari. Mereka akan bertugas pada malam hari hingga jelang pagi hari.

“Minggu depan saya mau kumpulkan Tim Sabhara ini biar dia menjadi kelelawar pada malam hari Dia tugasnya hanya jam 10 malam sampai 5 Subuh muter-muter mengamankan Ibu Kota. Bawa senjata dia. Tawuran, balap liar yang mengganggu keamanan Jakarta di malam hari, jadi dia tugasnya hanya jadi polisi di malam hari,” papar Fadil.

Dream Tim yang berisi anggota Sabhara akan dilatih sehingga dalam pelaksanaan penindakannya tidak melanggar SOP dan menimbulkan masalah. Mereka juga akan diberi pelatihan agar memahami undang-undang yang melekat pada dirinya.

“Demikian juga dia memahami undang-undang yang melekat pada dirinya. Menggeledah orang, memeriksa orang yang namanya tertangkap tangan dan sebagainya. Ini semua harus kita latih dan kita siapkan.” Papar Fadil.

Dengan adanya Dream Team, Fadil memastikan tidak ada tempat untuk penjahat bersembunyi.

“Ini akan menjadi wajah baru Polda Metro Jaya polisi di malam hari. Pokoknya no place to hide. Semua akan pasti ditemukan bila ingin melakukan kejahatan di Jakarta. Tanggung jawab semua ini,” tuturnya.

Fadil memastikan, tim ini juga akan dipersenjatai. Tentunya, perlengkapan persenjataan ini dibarengi dengan pembekalan pelatihan dalam menembak.

“Kita persenjatai, dor di kaki kena di kepala, jangan, itu hanya cerita. Dor di kaki ya harus kena di kaki. Jangan kaya Brimob celeng, dor di kaki kena di kepala, kenapa ‘nunduk orangnya’,” ujar Fadil sambil berseloroh.

“Jadi nanti tim-tim yang apalah namanya itu Jaguar, Cobra, Pemburu Preman, Raimas Backbone, nanti semua kita latih cara gunakan motor gimana. Habis itu kemampuan menembak dia, kemampuan bela diri dia. Jadi orang dengar namanya saja udah kencing di celana. Jadi menciptakan heroes-heroes dalam menjaga Ibu Kota perlu dilakukan bersama,” pungkas Fadil.

Editor      : Darman Tanjung
Reporter : Darman Tanjung