Ketua MPR: Pertimbangkan Secara Bijak Kewajiban Tes PCR

Ketua MPR: Pertimbangkan Secara Bijak Kewajiban Tes PCR Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam 'Launching Tim dan Jersey Serpong City', di Jakarta, Jumat malam (30/10/21).

KEADILAN- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah untuk mempertimbangkan secara bijak penerapan aturan kewajiban tes PCR sebagai syarat perjalanan di Indonesia. Bambang menegaskan, pemerintah tak boleh memberatkan masyarakat dengan aturan tersebut.

Sejatinya pemerintah kata Bambang memberikan PCR gratis kepada masyarakat. “Subsidi agar layanan tes PCR tidak berbayar atau gratis, seperti di rumah sakit milik pemerintah,” ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Bambang juga meminta kepada pemerintah untuk dapat mempertimbangkan kembali penggunaan hasil tes antigen sebagai syarat perjalanan di semua moda transportasi.

“Sebab tes antigen dinilai memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi dalam mendeteksi virus Covid-19 di samping harganya yang ekonomis dan terjangkau bagi masyarakat,” katanya.

Lanjut Bambang, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus secara bersama mengawasi dan memantau harga tes PCR di setiap fasilitas layanan kesehatan sesuai dengan acuan harga yang ditetapkan pemerintah yakni dengan batas tarif tertinggi Rp 275.000.

“Hal ini diperlukan guna mencegah pihak-pihak yang berniat mengambil keuntungan pribadi,” tukasnya.

Editor      : Penerus Bonar
Reporter : Odorikus Holang