Gantikan Marsekal Hadi, Presiden Jokowi Kirim Nama Jenderal Andika Perkasa ke DPR

Gantikan Marsekal Hadi, Presiden Jokowi Kirim Nama Jenderal Andika Perkasa ke DPRPimpinan DPR RI saat konferensi pers untuk mengumumkan calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

KEADILAN – Presiden Joko Widodo mengirim Surat Presiden (Purpres) tentang pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test calon Panglima TNI ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

“Pimpinan DPR RI menerima surat presiden (Surpres) mengenai usulan calon Panglima TNI calon atas nama Jenderal TNI Andika Perkasa untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang telah memasuki pensiun,” ujar Ketua DPR RI Puan Maharani saat konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (3/11/2021).

Lanjut Puan, Presiden hanya mengusulkan satu nama dalam Surpres tersebut. Dengan demikian, DPR RI kata Puan akan segera menindaklanjuti Surpres mengenai usulan calon Panglima TNI yang baru tersebut.

“Dan berbagai tahap termasuk proses persetujuan oleh DPR RI. Panglima TNI nantinya akan diangkat dan diberhentikan oleh Presiden setelah mendapat persetujuan DPR RI,” katanya.

“Tentu saja, setelah melalui rapat pimpinan yang akan menugaskan salah satu alat kelengkapan dewan, dalam hal ini Komisi I DPR RI untuk melakukan pembahasan.Termasuk fit and proper test terhadap calon yang diajukan oleh presiden,” tambahnya.

Editor      : Penerus Bonar
Reporter : Odorikus Holang