Notice: Undefined index: HTTP_ACCEPT_LANGUAGE in /home/u5395795/public_html/wp-content/plugins/allpost-contactform/allpost-contactform-language.php on line 17
KEADILAN — Kasus Positif Covid-19 Di Sumut Bertambah
Keadilan

KEADILANRumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik mengkonfirmasi tambahan satu pasien dalam pemantauan (PDP) yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Hasil ini, menunjukkan terdapat dua kasus positif Covid-19 di Sumatera Utara.

PDP yang dinyatakan sebagai PDP 02 tersebut pun masih dalam perawatan dan isolasi di RSUP Haji Adam Malik Medan. Kondisi PDP 02 tersebut menurun. Sedangkan 11 PDP masih jalani perawatan dan diisolasi di RSUP Haji Adam Malik Medan, menunggu hasil dari Puslitbangkes. “Iya, ada satu (PDP) yang masih dirawat. Kondisinya berat,” ungkap Koordinator Penanganan Covid-19 RSUP Haji Adam Malik Medan, dr Ade Rahmaini, Kamis (19/3/2020).

Ditanya soal usia dan jenis kelamin PDP 02 tersebut, Ade enggan menyebutkannya. Namun, informasi yang dihimpun jika PDP 02 tersebut berjenis kelamin perempuan berusia 51 tahun dan masuk ke rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan RI itu pada 15 Maret 2020 lalu. “Gak boleh saya sebut,” sebut Ade.

Ade menyebutkan jika PDP 02 tersebut tidak kontak dengan PDP 01. Ia menegaskan jika PDP 02 tersebut bukan keluarga atau pun yang kontak dengan PDP 01. “Bukan. Tidak ada hubungannya,” tegasnya.

Namun, dari riwayat yang diperoleh jika PDP 02 tersebut memiliki riwayat yang sama dengan PDP 01. Yakni, sama-sama melakukan perjalanan ke Yerusalem. “Beda rombongan, tapi sama riwayat perjalanannya ke Yerusalem, Israel,” ungkapnya.

Sebelumnya, Juru bicara penanganan virus corona atau COVID-19, Achmad Yurianto, mengumumkan jumlah kasus positif di Indonesia semakin bertambah yakni sebanyak 309 kasus dari sebelumnya yakni 227 kasus dengan 25 orang meninggal.

Yuri menjelaskan peningkatan kasus tersebut terhitung sejak tanggal 18 Maret pukul 12.00 WIB hingga 19 Maret pukul 12.00 WIB dengan tambahan 82 kasus baru. “Total hari ini ada 309,” ujar Yuri dalam keterangan pers di Gedung BNPB.

 

Haris Iskandar
Tagged: , , ,