Jaga Keharmonisan, Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Kunjungi Tokoh Agama

Jaga Keharmonisan, Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Kunjungi Tokoh AgamaPersonel menemui salah satu tokoh agama di Tolikara, Papua. (Foto. Pen Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS)

KEADILAN – Sejak diterjunkan, dalam pengamanan daerah rawan di beberapa kabupaten Provinsi Papua, Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS sudah berjalan lima bulan. Salah satu tugasnya adalah pembinaan teritorial dengan memupuk hubungan yang harmonis kepada seluruh elemen masyarakat yang terus dilakukan.

Personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS terus menerus meningkatkan kegiatan pembinaan teritorial ini berharap dapat merebut simpati masyarakat dan menerima dengan senang hati atas keberadaan satuan TNI khususnya Angkatan Darat di lingkungan mereka.

Seperti dilakukan personel Satgas Yonif 751 yang berada di Pos Minage, Distrik Minage, Kabupaten Tolikara, Papua, Minggu (7/11/2021). Mereka menemui Matius Tabo yang sudah berusia 70 tahun. Tabo merupakan salah satu tokoh agama wilayah Tolikara. Dalam kunjungan itu, Satgas memberikan bantuan berupa sembako.

Menurut Serka Aris Mugi yang memimpin silaturahmi itu, kegiatan tersebut sudah sering dilaksanakan dengan tujuan agar  bisa lebih mengenal para tokoh yang berpengaruh di wilayah penugasan, sekaligus membina hubungan lebih harmonis lagi.

“Anjangsana (silaturahmi) sudah menjadi program kami dalam melaksanakan tugas pamrahwan ini, kami sudah merasakan bagaimana senangnya para tokoh yang ada di wilayah Minage ini apabila kami kunjungi, kami berharap kegiatan kami ini bisa lebih menciptakan suasana damai di Papua khususnya di wilayah Distrik Minage ini,” ujarnya.

Matius Tabo selaku Gembala di Gereja Minage mengaku senang dan bahagia atas kunjungan dari personel Satgas Yonif 751 yang ada di Distrik Minage. Dan tak lupa mengucapkan terima kasih atas bantuan yang sudah diterima.

“Saya selaku Gembala merasa sangat senang didatangi sama anak-anak tentara dari pos,  selama bertugas di wilayah Minage ini anak-anak tentara ini selalu membantu masyarakat yang butuh bantuan, semoga selama melaksanakan tugas mereka selalu diberi kesehatan,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Dantasgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi mengatakan, dalam penugasan pengamanan daerah rawan yang sudah berjalan lima bulan, kegiatan pembinaan teritorial akan tetap ditingkatkan agar situasi yang sudah aman dan damai ini tetap terjaga.

“Saya selalu memberi penekanan kepada personel Satgas Pamrahwan Yonif RK 751/VJS agar tetap melakukan pendekatan kepada seluruh komponen masyarakat terutama tokoh agama. Karena di wilayah Papua ini selain tokoh adat baik itu kepala suku dan ondoafi, tokoh agama juga sangat berperan dalam menciptakan situasi dan kondisi agar tetap aman dan damai,” ungkap Dansatgas.

Editor      : Penerus Bonar
Reporter : Penerus Bonar