Kolakops Korem 174 Merauke Gelar Sweeping Gabungan Terhadap Satgas Pamtas RI-PNG yang Purna Tugas

Kolakops Korem 174 Merauke Gelar Sweeping Gabungan Terhadap Satgas Pamtas RI-PNG yang Purna TugasSweeping barang bawaan terhadap personel Satgas Pengaman Perbatasan (Pamtas) yang selesai bertugas. (Foto. Penrem 174 Merauke)

KEADILAN – Seluruh barang yang dibawa oleh Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG yang purna tugas. Seperti diketahui, dua batalyon telah melakukan tugas pengamanan perbatasan selama 9 bulan dan kemudian akan kembali ke kesatuan masing-masing.

Sweeping tersebut merupakan halbyang rutin dilakukan untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Kedua batalyon yang sudah melaksanakan 9 bulan penugasan itu yakni, Batalyon Infanteri 122/Tombak Sakti (Yonif 122/TS) dan Batalyon Infanteri 611/Awang Long (Yonif 611/AWL).

Gelar sweeping gabungan tersebut merupakan protap bagi setiap pasukan yang selesai melaksanakan tugas operasi. Kegiatan sweeping yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Intelijen Korem 174 Merauke Letnan Kolonel Kav Ahmad Edi Supriyadi.

Pasukan yang sebelumnya berada di Marshalling Area Korem 174 Merauke langsung diapelkan untuk dilakukan pemeriksaan barang dan perlengkapan kepada setiap anggota oleh Kepala Seksi Intelijen Korem 174/ATW mewakili  Komandan Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW  Merauke  Brigjen TNI Bangun Nawoko. Sweeping bekerja sama dengan Denpom Merauke, Pomal Lantamal XI-Merauke, Balai Konservasi Sumber Daya Alam dan Balai Karantina Pertanian dan Hewan Kabupaten Merauke.

Hal ini dilakukan guna mencegah adanya penyelundupan, baik sisa amunisi yang dibawa oleh para prajurit, tanaman dan hewan yang dilindungi keluar dari wilayah Merauke.

Selesai pemeriksaan barang dan perlengkapan, pasukan selanjutnya dinaikkan ke atas kendaraan yang sudah disiapkan. Selanjutnya dibawa menuju Pelabuhan Merauke untuk dinaikkan ke kapal KRI Teluk Bintuni.

Dalam kegiatan sweeping terhadap Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS  dan Yonif 611/AWL disaksikan langsung oleh  Kepala Seksi Operasi Korem 174/ATW Merauke, Dansatgas Yonif 122/TS serta Yonif 611/AWL.

Editor      : Penerus Bonar
Reporter : Penerus Bonar