Warga Negara China yang Menjadi Otak Pinjol Ilegal Ditangkap Polisi

Warga Negara China yang Menjadi Otak Pinjol Ilegal Ditangkap PolisiKadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo bersama Dir Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Pol Wisnhu Hermawan menunjukkan barang bukti pinjol ilegal. Foto: keadilan/dt

KEADILAN-Bareskrim Polri meringkus seorang warga negara China berinisial WJS. Ia merupakan Otak Koperasi Simpan Pinjam yang menaungi dan memodali sejumlah aplikasi pinjaman ilegal di Indonesia.

Dari hasil audit rekening bank milik perusahaan WJS, polisi menyita uang sebesar Rp217 miliar dari tujuh rekening bank berbeda.

Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brgjen Wisnhu Hermawan, mengatakan,  terkait pinjol ilegal imi polisi telah menetapkan 13 orang tersangka. Tiga dari 13 orang tersangka merupakan warga negara asing.

Selain WJS yang menjadi otak pinjol ilegal, masing-masing tersangka memiliki peran sebagai orang yang meregister Sim Card menggunakan NIK yang didapat secara ilegal, menjual Sim Card hingga sebagai penagih hutang dengan ancaman dan konten yang mengadung unsur pornografi.

“WJS perannya adalah  pemilik perusahaan payment gateaway dari China. Juga merektut pinjol ilegal untuk bermitra mendirikan koperasi simpan pinjam dengan surat-surat palsu,” tegas Wisnhu di Mabes Polri, Selasa (16/11/2021).

Para tersangka dikenakan pasal berlapis dengan ancaman pidana paling lama 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp10 miliar.

Editor      : Darman Tanjung
Reporter : Darman Tanjung