Koja Terbakar, 45 Rumah Hangus, Pelaku Diduga Stress

Koja Terbakar, 45 Rumah Hangus, Pelaku Diduga StressWarga di Jl Lorong, Koja, Jakarta Utara menggali sisa-sisa puing kebakaran untuk mencari barang milik mereka yang masih bisa digunakan, Rabu, 17 November 2021. (Charlie)

KEADILAN – 45 rumah di Jl Lorong, Koja, Jakarta Utara hangus dalam kebakaran pada Selasa (16/11/2021). Kebakaran ini diduga akibat satu orang warga berinisial C (32) yang mengidap gangguan jiwa (ODGJ) sengaja membakar rumahnya sendiri.

Angga (21) yang merupakan warga sekitar mengatakan terduga pelaku memang mengidap stres dan sering marah-marah tanpa sebab yang jelas. Saat kejadian pun, C diduga sempat menyekap dan mencekik adik kandungnya sendiri.

“Dia memang sering marah-marah tidak jelas. Stres dia itu, depresi. Waktu kebakaran itu, adiknya sempat di sekap dan dicekik juga sama dia. Memang sering dia berlaku begitu sama keluarganya,” kata Angga di lokasi kebakaran, Rabu (17/11/2021).

Hal serupa juga dituturkan oleh Farhan (19). “Dia marah-marah. Adiknya disekap. Bapaknya sempat pingsan juga. Alasan marahnya, katanya dia minta nikah. Tetapi kita tidak tahu juga. Memang dia sering marah begitu. Pokonya waktu itu mulanya yang dia bakar itu gorden. Karena anginnya kenceng, terus merembet ke sebelah,” ucapnya.

Sebelumnya, Kapolsek Koja Kompol Abdul Rasyid telah mengamankan terduga pelaku pada Selasa sore. Ia menjelaskan, sampai saat ini pihaknya telah memeriksa dua orang saksi. Tetapi ada kemungkinan saksi yang diperiksa akan bertambah.

Dalam kebakaran ini sendiri tidak ada korban jiwa. Tetapi 448 warga dari 85 kartu keluarga (KK) kehilangan tempat tinggalnya. Para korban saat ini mengungsi di Masjid Jami Al-Mutharoma dan RPTRA Sindang Raya.

Editor      : Syamsul Mahmuddin
Reporter : Charlie Tobing