Amankan ALKI II, Bakamla RI Akan Bangun Pangkalan Armada di Gorontalo Utara

Amankan ALKI II, Bakamla RI Akan Bangun Pangkalan Armada di Gorontalo UtaraBupati Gorontalo Utara Dr. H. Indra Yasin menandatangani nota kesepahaman dengan Bakamla RI.

KEADILAN – Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI menerima hibah lahan di Desa Oluhuta dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara. Lahan tersebut akan dijadikan sebagai Pangkalan Armadan Bakamla untuk menjamin keamanan dan keselamatan laut jalur ALKI (Alur Laut Kepulauan Indonesia) II dan meminimalisir waktu reaksi patroli keamanan laut.

Serah terima lahan ini diawali dengan dilaksanakannya penandatanganan nota kesepahaman antara Bakamla RI dengan Pemkab Gorontalo Utara.

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia  menandatangani Nota Kesepahaman dengan Bupati Gorontalo Utara Dr. H. Indra Yasin. Di mana, kegiatan penandatanganan nota jesepahaman ini dilakukan terpisah (desk to desk). Kepala Bakamla di Mabes Bakamla RI, sedangkan Bupati Gorontalo Utara disaksikan Direktur Kerja sama Laksma Bakamla Sandy M Latief di Kantor Bupati Gorontalo Utara.

Nota kesepahaman yang ditandatangani ini berisikan tentang sinergitas dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Gorontalo Utara.

Sinergi ini merupakan bentuk keseriusan Bakamla dalam upaya mengembangkan dan membangun kekuatan melalui Sistem Peringatan Dini (SPD) di beberapa titik strategis di wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Gorontalo Utara yang langsung berbatasan dengan Filipina yang rawan masuknya penyelundupan senjata api dan bahan peledak termasuk orang asing.

Selain itu, lokasi yang strategis itu nantinya akan mengurangi waktu reaksi armada patroli dalam menanggapi kejadian di laut dalam wilayah ALKI II.

Laksma Bakamla Sandy M. Latief menjelaskan, ruang lingkup kerja sama yang ditandatangani meliputi, pertama, penyediaan fasilitas infrastruktur berupa lahan dan atau bangunan/kantor serta fasilitas lain untuk mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Gorontalo Utara.

Kedua, pemanfaatan teknologi dan sarana prasarana untuk mendukung kelancaran kegiatan peningkatan kerja sama keamanan dan keselamatan di perairan Kabupaten Gorontalo Utara.

Ketiga, pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan pelaksanaan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Kabupaten Gorontalo Utara. Keempat, peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang keamanan dan keselamatan laut. Dan kelima, pertukaran informasi di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Ditempat yang sama, Bupati Gorontalo Utara mengatakan, mendukung kehadiran Bakamla di Gorontalo Utara. Hadirnya Bakamla akan menghentikan kasus pencurian ikan dan kebiasaan destructive fishing yang marak terjadi di laut Gorontalo Utara.

“Banyak kejadian illegal fishing, negara-negara luar sering mencuri ikan di perairan kita, dengan adanya Bakamla maka saya yakin laut kita akan lebih aman dan terjaga,” jelasnya.

Editor      : Penerus Bonar
Reporter : Penerus Bonar