Kejaksaan Agung Buka Penyidikan Umum Perkara HAM Berat

Kejaksaan Agung Buka Penyidikan Umum Perkara HAM BeratJaksa Agung ST Burhanuddin

KEADILAN – Untuk menyempurnakan penyelidikan Komisi Nasional (Komnas) HAM, Kejaksaan Agung akan membuka penyidikan umum menangani sejumlah pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat. Demikian yang disampaikan oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/11).

“Saya sebagai Jaksa Agung, selaku penyidik HAM berat mengambil kebijakan penting, yaitu tindakan hukum untuk melakukan penyidikan umum perkara pelanggaran HAM berat masa kini,” sebutnya.

Dijelaskan Burhanuddin, pihaknya tak memungkiri molornya penyelesaian kasus HAM berat berpotensi memperburuk wajah penegakan hukum Indonesia. Saat ini, penyelesaian persoalan itu terkesan berhenti akibat adanya kebuntuan persepsi antara penyelidik Komnas HAM dengan penyidik Kejaksaan.
“Sehingga, penanganan perkara menjadi berlarut-larut. Karena hasil penyelidikan Komnas HAM belum menemukan alat bukti yang cukup untuk menduga bahwa seseorang berdasarkan suatu peristiwa atau keadaan adalah sebagai pelaku kejahatan HAM Berat,” sambungnya.

Atas keputusan ini, Burhanuddin meyakini langkah penyidikan umum akan membantu memecahkan persoalan HAM. Sekaligus, memberikan kepastian dan keadilan kepada semua pihak.

“Saya yakin kebijakan ini akan memecah kebuntuan, dan menuntaskan perkara HAM yang menjadi tunggakan selama ini,” pungkasnya.

Editor      : Syamsul Mahmuddin
Reporter : Chairul Zein