Tak Bisa Awasi Anak Buah, Jaksa Agung Akan Evaluasi Jabatan Pimpinan

Tak Bisa Awasi Anak Buah, Jaksa Agung Akan Evaluasi Jabatan PimpinanJaksa Agung ST Burhanuddin

KEADILAN – Jaksa Agung ST Burhanuddin memastikan akan melakukan evaluasi jabatan di lingkungan Kejaksaan Agung. Hal ini diberlakukan pada jabatan pimpinan yang tidak bisa mengawasi anak buahnya dalam membuat tindakan tercela atau tak profesional dalam bertugas.

Burhanuddin menyebutkan integritas dan profesionalisme harus menjadi standar minimum yang dimiliki oleh setiap korps Adhyaksa. Bahkan dirinya mengingatkan tidak membutuhkan Jaksa yang hanya pintar akan tetapi juga Jaksa yang berintegritas. “Oleh karena itu saya tekankan kepada seluruh insan Adhyaksa bahwa integritas bukan hanya sebuah tagline semata, integritas harus dilaksanakan baik melalui ucapan, tingkah laku dan tindakan nyata,” kata Burhanuddin dalam keterangannya, Senin (29/11).

Menurut Burhanuddin, integritas adalah segala tindakan yang menggambarkan kejujuran dan kewibawaan seseorang dalam menjalankan tugasnya. Dan integritas itu dapat dilihat saat diberikan kepercayaan selalu bertindak transparan, konsisten, bertanggung jawab dan objektif.

Karena itu, dia mengingatkannya bahwa sudah banyak pegawai yang ditindak dan dipidanakan karena telah diketahui tak berintegritas. Penindakan itu untuk memberikan efek jera karena dikhawatirkan sikap dan perilaku dapat mencoreng korps Adhyaksa. “Tingkatkan pengawasan melekat secara intensif kepada setiap anggotanya, karena apabila anggota saudara melakukan perbuatan tercela, maka akan dievaluasi hingga 2 tingkat ke atas, sebagaimana telah saya sampaikan dalam Surat Jaksa Agung Nomor: R-95/A/SUJA/09/2021 tentang Peneguhan Komitmen Integritas,” pungkasnya.

Editor      : Syamsul Mahmuddin
Reporter : Chairul Zein