Komnas HAM Nilai KPI Gagal Bangun Lingkungan Kerja Aman

Komnas HAM  Nilai KPI Gagal Bangun Lingkungan Kerja AmanRuang tunggu Kantor KPI Pusat.

KEADILAN- Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) menilai Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) gagal dalam membangun lingkungan kerja yang aman dan nyaman. Hal ini diungkapkan Komnas HAM terkait penyelidikan mereka terhadap kasus perundungan dan pelecehan seksual yang menimpa MS.

“KPI gagal secara lembaga yang menciptakan lingkungan kerja yang sehat aman nyaman serta mengambil langkah-langkah yang mendukung pemulihan korban,” kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara dalam di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (29/11/2021).

Komnas HAM menduga peristiwa yang menimpa MS juga dialami pegawai lainnya. Tetapi mungkin saja itu dianggap hanya candaan sehingga tidak ada laporan.

Untuk itu, menurut Komnas HAM, KPI perlu membuat pedoman pencegahan, penanganan serta pemulihan atas tindakan perundungan, pelecehan, dan kekerasan.

Menanggapi hal tersebut KPI mengatakan bahwa pihaknya mengapresiasi kajian Komnas HAM, dan menunggu dokumen laporan resminya.

“KPI Pusat menunggu penyampaian dokumen resmi Laporan dan Rekomendasi lengkap dari Komnas HAM, sebagaimana disampaikan dalam konferensi pers Komnas HAM,” ujar Ketua KPI Pusat Agung Suprio dalam konferensi pers KPI yang disiarkan melalui daring, Selasa (30/11/2021).

Agung menjelaskan, KPI Pusat telah membentuk tim penanganan perundungan dan pelecehan seksual yang terdiri dari lima pegiat HAM, dan dua Komisioner KPI Pusat. Tim ini bergerak mulai 16 November 2021.

Agung menambahkan, KPI akan menindaklanjuti hasil kajian dan rekomendasi Komnas Ham. KPI juga akan bersikap tegas untuk tidak mentoleransi aksi perundungan dan pelecehan seksual.

Editor      : Syamsul Mahmuddin
Reporter : Charlie Tobing