Hadapi Covid-19, Stok Pangan di Padangsidimpuan Dipastikan Aman

Hadapi Covid-19, Stok Pangan di Padangsidimpuan Dipastikan Aman

KEADILAN – Coronavirus Disease 2019 atau Covid-19 yang sudah mewabah membuat semua sektor harus bersiap menghadapinya. Salah satunya terkait kesiapan dalam hal stok pangan. Dinas Perdagangan Kota Padangsidimpuan memastikan stok sejumah komoditas pangan aman.

“Ketersediaan cadangan pangan berkisar 2 ribu ton. Stok ini diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan pangan di daerah kita hingga bulan Juli mendatang,” kata Kadis Perdagangan Kota Padangsidimpuan Ir Ridoan Pasaribu, M.Si, Selasa (24/3).

Hal itu diungkapkan Ridoan usai meninjau stok cadangan pangan di Gudang Perum Bulog Sitataring dan Pal IV Pijorkoling. Dalam peninjauan itu, turut serta Asisten II Ekonomi, Staf ahli Dinas Perdagangan, Plt. Kadis Ketahanan Pangan, Kabag Perekonomian dan personil Polres Padangsidimpuan.

Dikatakan, pihaknya mengutamakan kebijakan yang fokus pada ketersediaan dan akses masyarakat terhadap kebutuhan pokok. Kebijakan itu diperlukan untuk memastikan masyarakat bisa mengakses kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

“Kebijakan ini dinilai penting untuk menjaga tumbuhnya konsumsi di masyarakat, sehingga diharap bisa menjadi stimulus perekonomian nasional yang terkena dampak keterpurukan ekonomi global akibat Covid-19,” kata Ridoan.

Pemerintah, menurut Kadis Perdagaangan, secara aktif akan melakukan monitoring atau pengawasan harga dan pasokan pangan secara rutin dalam rangka antisipasi ketersediaan pasokan pangan pokok untuk menghadapi bencana nasional kali ini.

“Kita berharap tidak ada warga yang melakukan praktek penimbunan sembako maupun bahan kebutuhan lainnya. Hal itu sangat penting agar stabilitas harga pasaran tetap terjaga, kendati di bawah ancaman wabah Covid-19,” imbuhnya.

Ditambahkan, dalam menyikapi pandemi Corona pihak Bulog membuka pelayanan 24 jam, untuk pembelian kebutuhan masyarakat terkait komoditi Bulog.

“Untuk stok gula dalam waktu dekat (awal April 2020) akan masuk. Sedangkan stok beras aman dalam 3 bulan kedepan,” kata Pimpinan cabang Perum Bulog Padangsidimpuan Rudy Adlyn.

Rido Pasaribu

Editor      :
Reporter :