HIPWI FKPPI Gelar Rapimpus Perdana

HIPWI FKPPI Gelar Rapimpus PerdanaKetua Umum beserta jajaran pengurus pusat HIPWI FKPPI. Foto: Istimewa

KEADILAN- Himpunan Pengusaha dan Wiraswasta, Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-POLRI (HIPWI FKPPI) menggelar Rapat Pimpinan Pusat (Rapimpus) ke 1 di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (21/12/2021).

Ketua Steering Committee Rapimpus HIPWI-FKPPI Wishnu Wibawamurti, mengatakan bahwa Rapimpus perdana ini diikuti perwakilan pengurus pusat dan daerah. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mengindahkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sementara itu, Ketua Umum HIPWI FKPPI Toro Sudarmadi, mengatakan pada Rapimpus periode ini mengusung tema, “Semangat Kewiraswastaan Yang Tangguh, Siap Menyongsong Indonesia Tumbuh”.

“Tema itu dipilih, mengingat pandemi Covid-19 telah mempengaruhi laju perekonomian Indonesia. Di mana tidak hanya pelaku usaha besar yang terdampak penurunan pendapatan, namun juga merambah kepada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” kata Toro.

Menurutnya, kondisi itu kian diperparah dengan lonjakan angka pengangguran yang menyentuh angka dua juta orang.

Meski demikian, HPWI-FKPPI menilai bahwa terdapat hal positif dibalik krisis tersebut, yakni kreatifitas pelaku bisnis dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis internet. Demikian pula dengan kesadaran akan pentingnya kesehatan yang diikuti dengan perilaku hidup sehat, diantaranya dengan mengkonsumsi atau menggunakan pangan, nutrisi dan produk-produk kesehatan.

“Impact-nya industri di sektor ini dituntut berimprovisasi guna menyambut perubahan pola konsumsi dan antusiasme masyarakat konsumen,” sambungnya.

Sedangkan Sekretaris Jenderal HIPWI FKPPI Rubi Setianusa, mengutarakan salah satu yang dibahas dan menjadi “strong point” dalam Rapimpus ini ialah konsolidasi jajaran HIPWI FKPPI untuk menghadapi perubahan sosial di era new normal atau new mechanism selama pandemi maupun pasca wabah virus Corona.

“Karena itu diharapkan melalui Rapimpus akan menerbitkan rumusan konsep dan strategi menumbuhkan kewirausahaan dan meng-create ragam bisnis yang dapat bertahan dan berkelanjutan di era industri 4.0,” pungkas Rubi.

Editor      : Darman Tanjung
Reporter : Ainul Ghurri