Nia Ramadhani-Ardie Bakrie Hanya Dituntut 12 Bulan Rehabilitasi

Nia Ramadhani-Ardie Bakrie Hanya Dituntut 12 Bulan RehabilitasiNia Ramadhani dan suaminya Ardie Bakrie jalani sidang tuntutan. Foto: keadilan/AG

KEADILAN- Artis Nia Ramadhani dan suaminya Ardie Bakrie, serta sopir pribadi Zen Vivanto dituntut rehabilitasi selama 12 bulan oleh jaksa penuntut umum.

“Menempatkan terdakwa satu, Zen Vivanto, dua Ramadhania Ardiansyah Bakrie alias Nia Ramadhani, dan tiga Anindra Ardiansyah Bakrie pada lembaga rehabilitasi medis dan sosial di Rumah Sakit Ketergantuangan Obat RSKO Cibubur, Jakarta Timur, secara rawat inap masing-masing selama 12 bulan,” kata jaksa saat bacakan tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Kamis (23/12/2021).

Jaksa menilai, ketiga terdakwa dianggap telah terbukti bersalah turut mengkonsumsi narkotika metamfetamin alias sabu.

“Barang bukti terbukti jenis metamfetamin, bahwa dengan demikian unsur penyalahgunaan telah terpenuhi. Kami yakin terdakwa telah terbukti bersalah sebagaimana dakwaan,” tambah jaksa.

Dengan demikian, ketiganya terbukti melanggar Pasal 127 ayat 1 huruf a UU 35 Tahun 2009 tentang Narkotika Jo Pasal 55 ayat 1 KUHP.

Dalam pertimbangannya, hal yang memberatkan, perbuatan para terdakwa bertentangan dengan program pemerintah dalam pemberantasan narkoba. Sementara, hal yang meringankan para terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya.

“Perbuatan terdakwa 2 (Nia Ramadhani) dan 3 (Ardie Bakrie) tidak memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” kata Jaksa.

Dalam sidang tersebut, ketiganya dimintai keterangan mengenai proses mendapatkan sabu hingga penangkapan.

Jaksa juga telah memperlihatkan sejumlah barang bukti untuk memperkuat dakwaan Nia, Ardi, dan Zen. Yakni, satu pastik klip bening berisikan narkotika jenis sabu dengan berat kurang lebih 0,78 gram dan satu bong atau alat bantu hisap narkotika. Kemudian, satu ponsel iPhone 12 Pro milik Nia dan satu ponsel Oppo A5s milik Zen.

Nia dan Ardi didakwa bersama-sama menyalahgunakan narkotika. Perbuatan itu juga dilakukan bersama Zen.

Editor      : Darman Tanjung
Reporter : Ainul Ghurri