Notice: Undefined index: HTTP_ACCEPT_LANGUAGE in /home/u5395795/public_html/wp-content/plugins/allpost-contactform/allpost-contactform-language.php on line 17
KEADILAN — Gugus Tugas Covid-19 Pantau 309 Orang Di Padangsidimpuan
Keadilan

KEADILAN – Hingga Kamis (26/3), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Padangsidimpuan memantau 326 orang. Ratusan Orang Dalam Pemantauan (ODP) itu akan dipantau selama 14 hari.

Ke-236 ODP itu merupakan Pelaku Perjalanan itu menjalani pemantauan lewat observasi yang dilakukan tim Gugus Tugas dan tenaga kesehatan Puskesmas terdekat. Mereka membuat pernyataan tertulis akan mengikuti panduan protokol isolasi diri sendiri sebagaimana Surat Edaran Menteri Kesehatan HK.02.01/MENKES/202/2020.

Adapun 326 Pelaku Perjalanan itu, sebanyak 16 orang telah kembali ke tempat asal mereka di Jakarta. Kemudian 1 orang dinyatakan bersih dan telah selesai menjalani masa observasi.

Dengan demikian, maka pada Kamis (26/3) pukul 12.00 WIB, jumlah Pelaku Perjalanan yang menjalani observasi di Kota Padangsidimpuam tinggal 309 orang lagi.

Mereka itu terdiri dari warga yang baru pulang dari luar negeri seperti Thailand untuk keperluan belanja barang dagangan, dan yang dari Malaysia sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Kemudian ada lagi warga yang baru pulang dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Medan. Diantaranya pulang kampung (Padangsidimpuan) karena libur kuliah. Mereka pelaku perjalanan melaporkan kedatangannya ke Posko Gugus Tugas PP Covid-19 di kantor Wali Kota Padangsidimpuan.

Adapun update data terbaru Gugus Tugas PP Covid-19 Sidimpuan yakni, di Kec. Padangsidimpuan Utara sebanyak 57 orang pelaku perjalanan, 47 diantarnya dipantau Puskemas Wek I dan 10 orang dipantau. Puskesmas Sadabuan.

Di wilayah Kec. Padangsidimpuan Selatan ada 116 orang pelaku perjalanan dipantau Puskesmas Padangmatinggi 59 orang dan Puskesmas Sidangkal 57 orang. Di wilayah Kec. Padangsidimpuan Tenggara 60 orang pelaku perjalanan, 53 orang di pantau Puskesmas Pijorkoling dan Puskesmas Labuhan Rasoki memantau 7 orang.

Kemudian di wilayah Kec. Padangsidimpuan Batunadua 38 orang Pelaku Perjalanan yang pantauan Puskesmas Batunadua. Seterusnya di Kec. Padangsidimpuan Angkola Julu 21 orang pelaku perjalanan yang dipantau Puskesmas Pokenjior dan di kec. Padangsidimpuan Hutaimbaru 34 orang pelaku perjalanan dan dalam pantauan Puskesmas Hutaimbaru.

Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution yang juga Pengarah Gugus Tugas PP Covid-19 kepada wartawan mengungkapkan apresiasinya untuk aparatur pemerintah daerah di tingkat desa, kelurahan dan kecamatan. Karena ‘jemput bola’ dan gencar mensosialisasi pencegahan Corona di lapangan.

Apresiasi juga disampaikannya kepada warga yang melaporkan ketibaan diri dari luar negeri dan daerah lain di Indonesia. “Alhamdulillah, kesaadaran masyarakat kita untuk bekerjasama mencegah Covid-19 masuk ke kota ini cukup tinggi,” ungkap Irsan.

Saat memberikan keterangan, Irsan didampingi oleh Ketua Gugus Tugas Ali Ibrahim Dalimunthe, Kepala Dinas Kesehatan Sopyan Subri dan Kepala Dinas Kominfo Islahuddin Nasution.

Terkait data yang terus bertambah, Irsan berharap tidak membuat resah dan panik masyarakat. Sebab, jumlah ini akan terus bertambah seiring bertambahnya warga yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah.

Dony Sinaga

Tagged: , ,