Artis Nia Ramadhani dan Suaminya Ardie Bakrie Divonis Satu Tahun Penjara

Artis Nia Ramadhani dan Suaminya Ardie Bakrie Divonis Satu Tahun PenjaraNia Ramadhani dan Ardie Bakrie jalani sidang putusan. Foto: keadilan/AG

KEADILAN- Artis Nia Ramadhani bersama Anindra Ardiansyah Bakrie alias Ardi Bakrie dan sopirnya Zen Vivanto dihukum satu tahun penjara dalam kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu.

Hakim menilai para terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri sebagaimana diatur Pasal 127 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

“Mengadili, menyatakan kepada terdakwa I, II, dan terdakwa III telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan pertama bagi diri sendiri yang dilakukan secara bersama-sama,” ujar Ketua Majelis Hakim Muhammad Damis, saat membacakan amar putusan di PN Jakarta Pusat, Selasa (11/1/2022).

Dalam pertimbangannya, hal yang memberatkan, perbuatan para terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang sedang giat-giatnya memberantas penyalahgunaan narkotika.

Menurut hakim, terdakwa Nia dan suaminya merupakan publik figure yang seharusnya memberikan contoh yang baik kepada masyarakat namun perbuatan para terdakwa berperilaku sebaliknya.

“Tindak pidana sejenis yang dilakukan oleh para terdakwa di wilayah hukum Jakarta Pusat cukup tinggi, terdakwa ll dengan terdakwa lll merupakan figure yang seharusnya memberi contoh yang baik kepada masyarakat namun berperilaku sebaliknya,” tuturnya.

Sedangkan hal yang meringankan, para terdakwa belum pernah dihukum. Kemudian, para terdakwa juga mengakui berterus terang atas perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi.

Vonis ini lebih berat daripada tuntutan Jaksa Penuntut Umum yakni  rehabilitasi selama 12 bulan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Majelis hakim menilai, penjatuhan pidana terhadap ketiga terdakwa bukan merupakan pecandu dan korban narkotika, sehingga tidak layak mendapat fasilitas rehabilitasi medis dan sosial.

Menurut hakim, ketiganya secara sengaja membeli sabu dengan sadar atau masuk kategori pengguna karena Ardie Bakrie memerintahkan supirnya untuk membeli sabu kepada sang sopir malam sebelum penangkapan 6 juli 2021 lalu.

Atas vonis tersebut, pewaris dinasti Bakrie grup tersebut langsung menyatakan banding sementara JPU menyatakan pikir-pikir.

Usai persidangan, Nia tidak mengeluarkan sepatah kata pun. Nia tetlihat menangis usai mendengarkan pembacaan vonis.

Editor      : Darman Tanjung
Reporter : Ainul Ghurri