Polisi Sudah Tepat Pimpin PSSI

Polisi Sudah Tepat Pimpin PSSI
(IDNTIMES)

KEADILAN – Sosok jenderal polisi berbintang tiga di pucuk pimpinan PSSI disebut “sangat pas” membenahi urusan sepak bola yang sudah dikuasai oleh para mafia bola. Hal ini disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR dari PDI Perjuangan Putra Nababan kepada Keadilan.id setelah M Iriawan alias Iwan Bule terpilih menjadi Ketua PSSI periode 2019-2023 dalam Kongres PSSI yang diadakan Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/2019)
Putra Nababan mengucapkan selamat sekaligus mengingatkan bahwa tugas berat sudah menunggu seperti memberantas mafia bola sampai mengangkat kembali prestasi sepak bola yang sudah terpuruk. Tak hanya itu, legislator dari DKI Jakarta ini juga mengingatkan, PSSI akan menyelenggarakan beberapa event besar. Yang terdekat adalah ajang SEA Games 2019 dan Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 pada 20 Mei-11 Juni 2021.
PSSI, tambah Putra, tidak sekadar butuh seorang pemimpin yang mampu menggerakan organisasi di jalur yang benar, namun lebih daripada itu, PSSI butuh pemimpin yang bisa mengayomi, lebih banyak mendengarkan dan mampu merangkul semua pihak yang memiliki kepedulian untuk memajukan dunia persepakbolaan di tanah air.
“Dia harus cermat dalam memilih dan menempatkan orang-orang yang profesional di dalam tubuh PSSI sendiri sebelum membenahi urusan yang lebih luas,” kata Putra kepada Keadilan.id, Selasa (5/11/2019)
Semua tentu sepakat bahwa mafia sepak bolah harus dibasmi, namun jangan lupa, tambah Putra mengingatkan, ada hal yang paling mendasar harus dibenahi PSSI adalah scouting bibit muda yang harus lebih terorganisir dan didukung dengan kehadiran fasilitas-fasilitas pembinaan bibit muda sepak bola di seluruh pelosok nusantara.
“Yang terpenting adalah menghadirkan ekosistem bola yang lebih baru dan bersih dari praktek mafia, dengan jadwal kompetisi yang jelas, aturan main yang jelas, hingga pembinaan yang jelas, termasuk hari tua dari pemain bola itu sendiri. Intinya ada tiga pekerjaan besar yang harus menjadi prioritas yaitu pembinaan atlet, alokasi anggaran yang efektif dan efisien, serta memperbaiki citra buruk sepak bola di tanah air akibat stigma jual beli skor,” katanya.
Sebelumnya, dalam pemilihan Ketua PSSI, Iwan Bule mendapat suara mutlak yaitu 82 suara dari 85 pemilik suara yang datang.

JUNIUS MANURUNG
Editor      :
Reporter :