Tiga Anggota DPRD Jambi Divonis 4 Tahun Penjara

Tiga Anggota DPRD Jambi Divonis 4 Tahun Penjara

KEADILAN- Tiga terdakwa perkara suap uang ketok palu RAPBD Provinsi Jambi 2017-2018, Sufardi Nurzain, Elhelwi dan Gusrizal menjalani sidang putusan di pengadilan Tipikor Jambi, Senin (6/4/2020).

Sidang putusan itu digelar hari ini secara daring (dalam jaringan) dengan metode video conference. Majelis hakim dan penasehat hukun terdakwa menjalani sidang dari Pengadilan Tipikor Jambi. Penuntut umun KPK menjalani sidang dari kantor KPK, Jakarta. Sementara para terdakwa menjalani sidang dari Lapas Klas IIA Jambi.

Dalam Amar putusan majelis hakim Pengadilan Tipikor Jambi, dinyatakan para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan terbukti korupsi. Ketiga terdakwa yang merupakan mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi itu dijatuhi masing-masing pidana penjara 4 tahun dan 2 bulan penjara dengan denda Rp 200 juta, subsider 2 bulan kurungan.

“Menjatuhkan pidana penjara kepada masing-masing terdakwa selama empat tahun,” kata Ketua Majelis Hakim Morailam Purba, saat membacakan amar putusannya.

Kemudian, mereka juga diharuskan membayar uang pengganti kerugian negara. Uang pengganti kepada masing-masing terdakwa antara lain, Sufardi sebesar Rp 105 juta dengan subsider 3 bulan penjara. Kemudian Elhelwi sebesar Rp50 juta subsider 2 bulan kurungan penjara.

Sementara Gusrizal membayar uang pengganti sebesar Rp 55 juta, dengan subsider 2 bulan penjara.

Selain kurungan badan, majelis hakim juga menjatuhkan pidana tambahan pencabutan hak politik untuk dipilih sebagai pejabat publik.

“Mencabut hak politik selama 5 tahun, setelah terdakwa selesai menjalani hukum pokok,” pungkasnya.

AINUL GHURRI

Editor      :
Reporter :