Anak-Anak Perbatasan RI-PNG ‘Serbu’ Pos Satgas Pamtas

Anak-Anak Perbatasan RI-PNG ‘Serbu’ Pos Satgas PamtasSejumlah anak terlihat tekun mengikuti pelajaran yang diberikan personel Satgas Pamtas. (Foto. Pen Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti)

KEADILAN – Sejumlah anak ‘menyerbu’ Pos KM 140 Satgas Yonif 126/Kala Cakti. Namun, penyerbuan ini bukan untuk mengambilalih pos melainkan menambah ilmu pengetahuan mereka alias belajar.

Berbagai cara dilakan personel Satgas Pamtas untuk lebih menyatu dengan masyarakat di tempat penigasan. Salah satunya mengajar membaca dan menulis bagi anak-anak yang akan masuk sekolah. Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Satgas terhadap para generasi muda bangsa yang tinggal di perbatasan Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letkol Inf Dwi Widodo di Distrik Senggi, Papua, Selasa (02/08/2022).

“Selain itu, anak-anak juga diberikan motivasi dan wawasan PPK, dan memperkenalkan huruf serta angka, agar selalu terus bersemangat untuk menuntut ilmu kedepannya saat akan masuk sekolah,” tambah Dansatgas.

Dansatgas juga mengatakan bahwa kegiatan mengajar ini sebagai wujud mengajarkan dasar ilmu dan pendidikan bagi anak-anak yang akan masuk sekolah di wilayah perbatasan Papua.

“Di lain hal kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya dari Satgas untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan bangsa, serta memotivasi semangat belajar anak-anak dalam menuntut ilmu dan cita-citanya kedepan,” tegasnya.

Atas upaya yang dilakukan Satgas, anak-anak pun merasa senang dan mengungkapkan rasa senangnya.

Seperti Samuel Yala (8) yang mengucapkan kepada personel TNI yang diabggapnya sebagai abang.

“Nanti saya ajak juga teman-teman ke pos untuk belajar sama abang-abang tentara,” pungkasnya.