Kembali Diperiksa, Kuasa Hukum Pelapor Minta Roy Suryo Segera Ditahan

Kembali Diperiksa, Kuasa Hukum Pelapor Minta Roy Suryo Segera DitahanKuasa Hukum Kurniawan Sentosa, Herna Sutana. Foto: Istimewa

KEADILAN – Roy Suryo kembali menjalani pemeriksaan terkait kasus dugaan penistaan agama dalam kasus meme Rupang Buddha Candi Borobudur di Polda Metro Jaya, Jumat (5/8/2022). Menanggapi pemeriksaan tersebut, kuasa hukum pelapor berharap polisi dapat bertindak tegas dengan melakukan penahanan terhadap Roy Suryo.

“Saya harap hari ini penyidik bertindak tegas dengan melakukan penahanan kepada Roy Suryo. Supaya tidak ada lagi kegaduhan prilaku yang tidak etis dipertontonkan kepada rakyat Indonesia, terkait penegakan hukum yang berkeadilan tanpa perbedaan penerapan hukum,” ujar Kuasa Hukum Kurniawan Sentosa, Herna Sutana saat dihubungi, Jumat (5/8/2022).

Herna juga menyampaikan apresiasinya kepada pihak kepolisian.

“Saya sebagai kuasa hukum terlapor, dan juga umat Buddha, berterima kasih kepada Kepolisian Republik Indonesia. Khususnya Penyidik Cyber Krimsus Polda Metro jaya yang telah memanggil kembali Roy Suryo untuk diperiksa lagi sebagai tersangka,” imbuhnya.

Sebelumnya diketahui, Roy Suryo resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pengunggahan meme Rupang Buddha Candi Borobudur. Ia sempat sakit usai menjalani pemeriksaan.

Namun demikian, sebuah video beredar memperlihatkan Roy Suryo ikut dalam acara klub mobil Mercedes SL Club Indonesia dengan menggunakan penyangga leher.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan mengatakan, pemeriksaan hari ini kembali dilakukan lantaran tim dokter Polda Metro Jaya menyatakan Roy Suryo sehat.

“Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, hasilnya dinyatakan sehat dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan lanjutan terkait laporan yang telah dilayangkan,” ucap Zulpan, Jumat (5/8/2022).