Wadirkrimum Polda Metro Jaya Masuk Patsus

Wadirkrimum Polda Metro Jaya Masuk PatsusPolda Metro Jaya. Foto: MediaIndonesia

KEADILAN – Wakil Direktur Tindak Pidana Umum (Wadirkrimum) Polda Metro Jaya AKBP Jerry aymond Siagian menjalani penempatan khusus (Patsus) di Mako Brimob, Depok, Jawa Barat. Dirinya diduga melanggar kode etik dalam penyidikan kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

“Ya betul, sudah dipatsuskan, Wadirkrimum Polda Metro Jaya,” ujarnya, Senin (22/8/2022).

Selain itu, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirkrimum) Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi juga tengah diperiksa dalam kasus ini.

Ia mengatakan pemeriksaan terhadap Hengki dilakukan oleh Inspektorat khusus pada Jumat (19/8/2022). Namun, status Hengki masih sebatas pemeriksaan saja.

“Barusan info dari Itsus. Betul, sudah memberikan keterangan ke Itsus,” paparnya.

Sebelumnya diketahui, 83 polisi diperiksa dalam kasus tewasnya Brigadir J. 35 diantaranya, direkomendasikan dikurung di tempat khusus.

Timsus juga telah menetapkan empat orang tersangka sebelumnya. Mereka adalah Ferdy Sambo, Putri Chandrawathi, Bharada E, Bripka RR, dan KM.

Mereka dijerat dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan 56 KUHP. Dengan ancaman maksimal hukuman mati, penjara seumur hidup, dan 20 tahun penjara.