DPR Akan Sahkan RUU PDP, Ini Pesan Untuk Pemerintah

DPR Akan Sahkan RUU PDP, Ini Pesan Untuk PemerintahAnggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno.

KEADILAN – Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) telah memasuki babak akhir dan akan segera diparipurnakan menjadi Undang Undang.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno mengatakan, selesainya pembahasan RUU tersebut merupakan keberhasilan Panitia Kerja (Panja) yang memperjuangkannya selama dua tahun.

“Sudah diputuskan di tahap I. Tinggal tunggu dijadwalkan di tahap II untuk diputuskan di Paripurna dan bisa segera di undang-undangkan oleh Presiden,” ujar Dave saat diskusi di Media Center MPR/DPR/DPD RI, Nusantara III, Senayan, Jakarta, Selasa (13/9/2022).

Namun kata Dave, adanya undang-undang tersebut bukan hanya memberikan kekuasaan ataupun otoritas hukum kepada pemerintah, untuk melakukan sejumlah pengamanan-pengamanan, melainkan hal yang lebih penting adalah pemerintah membangun jaringan yang lebih kuat.

“Jaringan yang lebih aman, protokol yang lebih tegas dan yang di gunakan di semua kementerian lembaga ataupun instansi swasta khususnya PSE-PSE yang menjadi pengampu data pribadi kita,” tegasnya.

Menurut Dave, kebocoran data akan terus terjadi selama program pemerintah tidak dibuat atau di-update dengan teknologi terkini.

Apalagi kata Dave, pemerintah tidak melakukan sinergi dengan kementerian dan lembaga ataupun instansi pendidikan untuk merekrut dan membina serta menciptakan programmer baru.

“Ya pasti akan terus terjadi kebocoran ini. Karena itu harus ada ketegasan dengan kejelasan dari pemerintah,” tukasnya.

Reporter: Odorikus Holang
Editor: Penerus Bonar