Ketua DPRD DKI Sebut Tim TGUPP Bakal Dibubarkan

Ketua DPRD DKI Sebut Tim TGUPP Bakal DibubarkanGubernur Anies Baswedan bersalaman dengan Ketua DPRD DKI Edi Prasetyo. Foto: CNN Indonesia

KEADILAN- Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi menegaskan akan membubarkan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) seiring berakhirnya masa jabatan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Menurutnya, Tim TGUPP harus dibubarkan karena dianggap menjadi penyakit di Kota Jakarta.

“TGUPP harus hilang. Itu yang buat kacau pembangunan di Jakarta,” kata Edi Prasetyo di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Bukan hanya itu, DPRD DKI, kata Prasetio, tidak lagi mengalokasikan anggaran untuk Tim TGUPP pada tahun depan.

“Mulai sekarang TGUPP tidak akan saya laksanakan, dalam Banggar nanti tidak dianggarkan,” tuturnya.

Politisi PDIP itu juga mempertanyakan hasil kinerja TGUPP di era kepemimpinan Anies Baswedan. Sebab, jumlah Tim anggota TGUPP era Anies yang membludak juga dinilai membebani anggaran pendapatan dan belanja daerah (APDB) DKI Jakarta.

“Sampai saat ini saya pun terus mempertanyakan hasil kerja dari TGUPP. Sebab, tim tersebut digaji oleh APBD hingga miliaran tiap tahunnya dalam kegiatan di bawah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah,” tandasnya.

Pras sapaan akrab Edi Prasetyo mengaku menerima laporan miring seputar kinerja TGUPP. Ia juga menganggap jumlah anggota TGUPP terlalu gemuk sehingga mesti dipangkas.

“Saya banyak menerima laporan miring mengenai kinerja tim tersebut selama ini, hingga akhirnya TGUPP sarat dengan stigma negatif. Sebelumnya, saya juga telah memangkas jumlah tim tersebut dari 73 orang menjadi 50 orang karena terlalu gemuk,” ujarnya.

Mengutip laman resmi Pemprov DKI, TGUPP dibutuhkan dalam rangka memastikan visi dan misi yang diangkat tercapai secara penuh sepanjang masa bakti.

Tim ini terdiri atas tokoh-tokoh, ahli, serta profesional yang menjadi andalan Anies dalam menerjemahkan dan mengawal visi misi ke dalam program prioritas pembangunan DKI Jakarta.

“Pembentukan TGUPP didasari pemikiran tentang sebuah tim khusus berdedikasi tinggi yang dibutuhkan guna mengawal dan memastikan satuan-satuan kegiatan dapat tereksekusi dengan baik serta tepat sasaran secara holistik dari hulu hingga ke hilir. Sesuai namanya, TGUPP adalah sebuah tim dan bukan merupakan perangkat daerah,” tulis laman Pemprov DKI tersebut.

Reporter : Ainul Ghurri
Editor : Darman Tanjung