Ketua Dewan Pers Meninggal Dunia, PGI Sampaikan Duka Cita

Ketua Dewan Pers Meninggal Dunia, PGI Sampaikan Duka CitaProf. Azyumardi Azra, Prof. Dr. SituRuhabibi Dzuhayatin, Pdt. Gomar Gultom, Prof. Philip Wijaya dan Uni Zulfiani Lubis di depan kantor KBRI di Moskow. Foto: Istimewa

KEADILAN – Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pendeta Gomar Gultom menyatakan dukacita mendalam atas berpulangnya Ketua Dewan Pers Prof Dr Azyumardi Azra, yang meninggal di Kuala Lumpur, Minggu (18/9/2022).

Gomar mengatakan, Azyumardi Azra merupakan sosok cendekiawan Minang yang sangat banyak memberikan sumbangan pemikiran bagi perdamaian dunia.

“Beliau seorang pemikir independen. Kedekatannya dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo, tidak menghilangkan kemandiriannya untuk menyampaikan pandangan-pandangan kristisnya,” ujar Gomar dalam keterangannya, Minggu (18/9/2022).

Menurut Gomar, Guru Besar UIN Jakarta itu sangat banyak memberikan pencerahan bukan hanya di bangku kuliah, tetapi juga masyarakat luas.

“Upaya pencerdasannya sangat lintas batas, yang melampaui sekat-sekat suku, bangsa, agama dan pemisah lainnya,” imbuhnya.

Gomar mendoakan, semua jerih payah dalam membangun keadaban publik itu bisa diteruskan bersama, demi Indonesia yang adil, damai dan sejahtera.

Reporter : Charlie Tobing

Redaktur : Darman Tanjung